ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UMUM FASE D

Diposting oleh On 18:40:00 with No comments


Alur dan tujuan pembelajaran ini memuat peta jalur pembelajaran Bahasa Inggris pada fase D yang merupakan turunan dari capaian  pembelajaran (CP) yang sudah  ditetapkan. Alur dan tujuan  ini memuat enam  keterampilan berbahasa yaitu menyimak  - berbicara,  membaca - memirsa,  dan menulis - mempresentasi. Setiap keterampilan berbahasa tersebut memiliki capaian tertentu yang kesemuanya mengerucut pada  tujuan  akhir yakni kemampuan berinteraksi dan  berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Kemudian, pada fase ini dibagi kedalam tiga tingkatan kelas yakni 7, 8, dan 9. Setiap  tingkatan tersebut memiliki kedalaman dan  keluasan  konteks  materi  yang berbeda, dalam hal ini disebut sebagai lingkup keluarga dan kelas untuk kelas 7, lingkup kehidupan remaja untuk kelas 8, dan lingkup global untuk kelas 9.

Alur dan tujuan pembelajaran ini juga dilengkapi dengan  penjelasan singkat di setiap tujuannya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mendekatkan konsep pembelajaran yang diharapkan. Alur dan tujuan pembelajaran ini tidak bersifat kaku dan mengikat, guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas yang diajar. Oleh karena itu, jenis kegiatan yang dicantumkan pada bagian penjelasan singkat adalah bukan sebagai suatu hal yang wajib untuk diterapkan oleh guru, melainkan sebagai bantuan pilihan yang dapat diterapkan.

Alur dan tujuan pembelajaran ini disusun dengan format tabel dan diberikan penomoran di setiap tujuan  pembelajaran untuk  memudahkan kodefikasi  dan  penelaahan. Pada  setiap  bagiannya memuat tujuan pembelajaran, perkiraan jam pelajaran, kata frasa/kunci, topik/konten, glosarium, dan penjelasan  singkat. Kesemua hal tersebut ditujukan untuk membantu guru mengembangkan ide-ide pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. 

Alur dan tujuan  pembelajaran ini disusun  berdasarkan pendekatan berbasis  genre. Pendekatan tersebut sejalan dengan  tujuan  pembelajaran bahasa secara  umum yakni untuk berkomunikasi, yang pada prosesnya tidak sekedar  menekankan pada permasalahan grammatical semata, melainkan  lebih kepada  memberikan kesempatan nyata kepada  siswa untuk memahami tentang bagaimana bahasa itu dibangun  dan  bagaimana bahasa tersebut digunakan  dalam  berbagai konteks sosial.

Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai  jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan  teks  asli  menjadi  rujukan  utama   dalam  mempelajari  Bahasa  Inggris  di  fase  ini. Siswa menggunakan Bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak  ketika memahami informasi tersirat.  Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosa kata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris. 

Informasi detail mengenai alur dan tujuan pembelajaran bahasa inggris umum fase D dapat anda unduh pada tautan berikut ini


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: only a member of this blog may post a comment.