DOWNLOAD CONTOH MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

Diposting oleh On 01:37:00 with No comments



Modul ajar menjadi salah satu bentuk perangkat ajar guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar sebagai penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid.

Dalam menggunakan modul ajar, guru memiliki kemerdekaan untuk:

  1. Memilih atau memodifikasi modul ajar yang disediakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan karakteristik murid
  2. Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid

beberapa konsep terkait modul ajar dalam kurikulum merdeka belajar diantaranya: 1) Modul ajar merupakan sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. 2) Modul ajar sebagai implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. 3) Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang.
Guru di beri kebebasan untuk mengembangkan modul ajar yang sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Modul ajar juga dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunan. Komponen modul ajar itu sendiri dalam panduan dibutuhkan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.  Komponen modul ajar juga bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan.
Guna membantu rekan dalam memahami modul ajar, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa kami sajikan sebagai gambaran modul ajar dimasing-masing tingkatan. 
demikanlah informasi mengenai download contoh modul ajar kurikulum merdeka, semoga bermanfaat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: only a member of this blog may post a comment.