CONTOH KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN SD

Diposting oleh On 20:42:00 with No comments


Kurikulum operasional di satuan pendidikan SD merupakan sebuah bentuk kurikulum operasional untuk melaksanakan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum yang telah dibuat oleh pusat, baik capaian pembelajaran, prinsip pembelajaran dan asesmen serta Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum operasional di satuan Pendidikan ini merupakan bentuk penyesuaian dari kerangka yang disusun pusat dengan menyelaraskan potensi daerah, kemampuan sekolah dan latar belakang peserta didik. 

Kurikulum operasional di satuan pendidikan disusun mulai dengan menganalisis mata pelajaran yang akan dimuat dalam kegiatan intrakurikuler dengan sistem reguler. Kegiatan intrakurikuler ini dikemas sebagai pembelajaran rutin enam hari efektif setiap minggunya. Hasil analisis mata pelajaran akan dilanjutkan dengan mengemas pilihan pembelajaran dalam bentuk tematik dan atau parsial dengan mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila di dalamnya, kemudian dikemas dalam bentuk yang lebih mengerucut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang bersifat reflektif.

Dalam menentukan pembelajaran tematik dan parsial, ini mempertimbangkan prinsip pembelajaran, penentuan materi esensial dan juga pengolaborasian pembelajaran terpadu dengan mengambil tema-tema yang kontekstual dengan peserta didik, mudah dipahami dan dieksplorasi, dan up-date dengan perkembangan informasi.

Berikut ini adalah contoh kurikulum operasional satuan pendidikan SD beserta lampiran contohnya

Contoh Kurikulum Operasional SD versi 1 

Lampiran Contoh Kurikulum Operasional SD versi 1 

Contoh Kurikulum Operasional SD versi 2

Lampiran Contoh Kurikulum Operasional SD versi 2

Demikanlah informasi mengenai contoh kurikulum operasional satuan pendidikan SD, semoga bermanfaat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: only a member of this blog may post a comment.