InfoGuruku.Net

aneka trik, aplikasi, dapodik, info guru, permendikbud ristek, panduan, info cpns, anbk, kalender pendidikan, erapor, edaran, juknis, kurikulum merdeka

REKRUTMEN CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 6 DIBUKA!

Diposting oleh On 22:07:00


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kini telah membuka kembali pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 6. Sudah tentu ini menjadi kabar gembira bagi rekan guru yang tempo lalu belum bisa mendaftar. Perlu diketahui bahwa Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan yang melatih kepemimpinan bagi rekan guru terutama mejadi pemimpin pembelajaran. Ada banyak manfaat yang diperoleh jika anda bergabung mengikuti PGP, tiga diantaranya adalah mengembangkan diri, memunculkan kematangan moral, emosi serta spiritual guna berperilaku sesuai kode etik serta mampu merencanakan, menjalankan, merefleksikan serta mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada siswa serta melibatkan orang tua
PGP angkatan 6 ini rencananya akan dilaksanakan di 156 kabupaten/kota sebagai sasaran. Kegiatan tersebut nantinya direncanakan akan dimulai pada bulan agustus 2022 dengan masa belajar 6 bulan dengan menggunakan belajar mandiri terbimbing serta dengan sistem belajar secara daring maupun luring. 
Tahapan Rekrutmen
Rekrutmen calon guru penggerak pada angkatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan seleksi yaitu:
tahap 1 merupakan tahapan registrasi, pengisian dan penilaian biodata serta penilaian essai
tahap 2 dipergunakan untuk melakukan penilaian terhadap simulasi mengajar dan wawancara dari peserta yang mana registrasinya akan mulai dibuka tanggal 10 Januari hingga 18 Februari 2022. 
Selanjutnya, dalam proses rekrutmen ini di handle  oleh tim rekrutmen calon guru penggerak itu sendiri yang benar-benar independent serta telah dibekali dengan berbagai pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai asesor yang mengutamakan prinsip transparan, akuntable dan berkualitas. 
Sasaran
Calon guru penggerak angkatan 6 ini menyasar kepada guru guru disetiap jenjang dari jenjang TK hingga jenjang SMK dan SLB pdi 156 wilayah yang memenuhi syarat
Kriteria Umum Pendaftaran
  • Guru tersebut tidak sedang mengikuti kegiatan diklat latsar CPNS, PPG, dan sebagai asesor Pendidikan Guru Penggerak atau Program Sekolah Penggerak. 
  • Guru tersebut tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli pada
  • PSP atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen pendidikan guru penggerak
  • Guru tersebut tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, pengawas lapang pada Program Organisasi Penggerak (POP)
  • Guru tersebut mendapat izin dari pimpinan/ atasan langsung tempat bekerja;
  • Guru punya keinginan yang kuat untuk menjadi guru penggerak serta bersedia mengikuti proses pendidikan selama 6 (enam) bulan penuh.
  • Guru tersebut aktif mengajar selama pendidikan berlangsung.  
Persyaratan Pebdaftaran
  • Calon merupakan Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta
  • Calon  guru penggerak tersebut memiliki akun guru di dapodik
  • Calon guru penggerak memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
  • Calon guru penggerak memiliki pengalaman minimal mengajar 5tahun
  • Calon guru penggerak memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun. 
Mekanisme Seleksi  
Ditjen GTK menyiapkan laman dan SIM Aplikasi pendaftaran calon PGP, menyosialisasikan Program PGP kepada masyarakat dan pihak-pihak yang terkait, mengumumkan pendaftaran calon peserta pendidikan guru penggerak secara daring melalui laman maupun melalui surat kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota. Selain itu, calon peserta pendidikan guru penggerak mendaftar secara daring pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dengan mengisi pernyataan/pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan yang terdiri dari: 
a) mengisi biodata pada laman; 
b) mengunggah Kartu Tanda Penduduk;
c) mengunggah Ijazah S1/D4;
d) mengunggah SK mengajar;
e) mengunggah surat izin dari pimpinan/ atasan langsung tempat bekerja (sesuai format).
Selanjutnya, Ditjen GTK nantinya melakukan dua tahap seleksi untuk calon guru pengerak sebelum  mengikuti PGP, yaitu: 1) tahap registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai; dan 2) tahap penilaian simulasi mengajar dan wawancara, selain itu juga, Ditjen GTK menetapkan dan mengumumkan calon guru penggerak yang memenuhi syarat secara daring dan menyampaikan rekapitulasi kepada dinas pendidikan  kabupaten, kota, dan provinsi serta penyelenggara pendidikan guru penggerak (PPPPTK/LPPKSPS).  
Jadwal Seleksi 
Informasi rekrutmen calon guru
penggerak dimulai tanggal 30 Desember 2021 – 7 Januari 2022 
Registrasi/Pendaftaran (Unggah berkas, pengisian Esai) dimulai tanggal 10 Januari – 18 Februari 2022 
Verifikasi, validasi, penilaian berkas dan penilaian esai dimulai tanggal 21 Februari – 1 April 2022
Pengumuman tahap 1 dimulai tanggal 6 – 9 April 2022
Simulasi Mengajar dan Wawancara dimulai tanggal 11 April – 21 Juni 2022
Pengumuman tahap 2 dimulai tanggal 22 – 25 Juni 2022 
Pendidikan Guru Penggerak dimulai tanggal 2 Agustus – November 2022, kemudian dilanjutkan pada bulan Februari – Maret 2023 
Demikianlah informasi mengenai rekrutment calon guru penggerak angkatan 6, untuk lebih lengkapnya anda dapat baca melalui link berikut 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »