BUKU GURU PJOK SMP KELAS 7 SEKOLAH PENGGERAK

Diposting oleh On 22:27:00 with No comments



Buku Guru PJOK SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak_ Pada kata pengantar yang tertulis pada masing-masing buku guru dijelaskan bahwa Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan proses pendidikan tentang dan melalui aktivitas jasmani (permainan, olahraga, dan aktivitas lain yang relevan) untuk meningkatkan kualitas individu yang holistik dan menunjang pencapaian tujuan pendidikan secara umum. Pelajaran PJOK adalah pelajaran yang menyenangkan dan banyak diminati peserta didik, karena membuka kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih keterampilan dengan cara mempraktikkan, serta membentuk individu-individu yang terliterasi secara jasmani dan menerapkannya dalam kehidupan seharihari.

PJOK juga mengembangkan nilai-nilai dan kecakapan umum (general capabilities) berupa kreativitas, bernalar kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, serta keterampilan berkomunikasi, kegiatan pembelajaran PJOK mempertimbangkan karakteristik peserta didik, tugas gerak (movement task), dan dukungan lingkungan yang berprinsip Developmentally Appropriate Practices (DAP). Buku disusun menjadi dua bagian dengan susunan sebagai berikut :

Bagian I berisi tentang pendahuluan, tujuan buku panduan guru, Profil Pelajar Pancasila, karakteristik mata pelajaran PJOK SMP, dan mata pelajaran PJOK di kelas VII. Capaian pembelajaran berisi tentang capaian pembelajaran umum mata pelajaran PJOK, capaian pembelajaran per fase, alur pembelajaran per tahun (capaian dan konten), keterkaitan tujuan pembelajaran dengan capaian pembelajaran sesuai fase, strategi pembelajaran PJOK, dan asumsi- asumsi.

Bagian II terdiri dari delapan unit, masing-masing unit memuat tujuan pembelajaran, deskripsi materi, apersepsi, prosedur kegiatan pembelajaran, refleksi guru, penilaian, pengayaan, lembar kerja Peserta didik, bahan bacaan Peserta didik, dan bahan bacaan guru

Selanjutnya, informasi mengenai Buku Guru PJOK SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak dapat anda baca pada tautan berikut ini:


 
Demikianlah informasi mengenai Buku Guru PJOK SMP Kelas 7 Sekolah Penggerak. Semoga informasi ini memberi manfaat buat anda semua
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »