BUKU GURU IPS KELAS 7 SEKOLAH PENGGERAK

Diposting oleh On 21:44:00 with No comments



Buku Guru IPS Kelas 7 Sekolah Penggerak_ Sobat infoguruku, Pada kata pengantar yang tertulis pada masing-masing buku guru dijelaskan bahwa Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disingkat IPS merupakan mata pelajaran yang mengintegrasikan serta meleburkan cabang disiplin ilmu sosial dan humaniora. Cabang-cabang ilmu sosial dan humani orang yang terintegrasi me dalam mata pelajaran IPS yaitu Ilmu Goegrai, Ilmu Sejarah, Ilmu Sosiologi dan Ilmu Ekonomi. Mata pelajaran IPS sebagai sebuah mata pelajaran mempunyai tujuan dalam penerapannya. Tujuan Mata pelajaran IPS adalah mengembangkan minat, bakat dan potensi peserta didik untuk dapat merespon dengan baik terhadap situasi lingkungan dan problematika sosial yang berada di tengah masyarakat, mengasah mental yang positif dengan sikap untuk memperbaiki segala masalah yang terjadi disekitarnya, dan mempunyai nalar kritis yang terampil untuk bersikap terhadap setiap masalah disekitarnya yang terjadi dalam aktivitas kehidupannya dimasyarakat, berbangsa dan bernengara. Mata pelajaran IPS dalam buku guru dan peserta didik bertujuan mengasah cara berpikir dan keterampilan interdispliner dan multidisipliner antardisiplin ilmu sosial dan humaniora karena pada dasarnya masing-masing ilmu tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan dan kolaborasi dari disiplin ilmu lainnya.

Buku guru mempunyai tujuan untuk menjadi pedoman panduan bagi guru-guru ketika merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi setipa pembelajaran. Buku guru sebagai pedoman berisi mengenai desain pembelajaran yang mencakup strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan evaluasi mata pelajran atau tema. Buku guru mempunyai komponen- komponen yang ada di dalamnya. Pertama petunjuk umum memuat informasi fungsi buku guru yang dilengkapi rancangan penilaian untuk setiap komponen. Kedua tujuan pembelajaran menekankan output peserta didik untuk mampu memahami pengetahuan, ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa. 
Selanjutnya, informasi lengkap mengenai buku guru IPS Kelas 7 Sekolah Penggerak dapat anda lihat pada tautan berikut ini 

 
Demikianlah informasi mengenai buku guru IPS Kelas 7 Sekolah Penggerak. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »