APLIKASI DAN PANDUAN SINGKAT ERAPOR SD SEMESTER GANJIL 2021/2022

Diposting oleh On 06:26:00 with No comments

Aplikasi dan Panduan Singkat Erapor SD Semester Ganjil 2021/2022_ Sobat infoguruku.net, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai aplikasi erapor SD Semester Ganjil 2021/2022. Kami berharap bahwa informasi yang kami bagikan ini dapat memberi manfaat bagi sobat guru mengingat pengolahan nilai laporan hasil belajar siswa selama periode satu semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 ini sebentar lagi digelar. Ini menandakan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)  disemester ini akan berakhir. 

Guna membantu sobat guru terutama guru kelas, maka kami akan bagikan link yang dapat sobat guru kunjungi dan mengunduh aplikasi erapor gratis dari Kemendikbud. Aplikasi ini diberinama Aplikasi E-rapor SD versi 1.1 tahun 2020/2021 yang secara resmi dikembangkan oleh Direktrorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tentunya aplikasi ini dibuat serta disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Keunggulan yang disajikan pada aplikasi ini adalah bahwa database aplikasi ini terintegrasi langsung dengan aplikasi dapodik, sehingga ketika sobat guru hendak menginstal aplikasi erapor SD, maka diupayakan diinstal pada laptop atau komputer yang sudah terinstal aplikasi Dapodik sebagai sumber data yang ditampilkan dalam erapor SD.

Panduan Singkat Erapor SD

Buat sobat guru, jika anda hendak menginstal aplikasi erapor SD, berikut ini adalah beberapa langkah yang mungkin dapat sobat lakukan:

  1. Pastikan bahwa laptop ataupun PC yang akan diinstal erapor tersebut sudah terinstal aplikasi Dapodikdasmen dengan versi yang paling update/ terbaru.
  2. Silahkan anda unduh aplikasi erapor tersebut pada tautan berikut ini
  3. Instal aplikasi seperti lazimnya kita menginstal aplikasi pada laptop ataupun PC
  4. Setelah aplikasi erapor tersebut terinstal pada PC atau laptop anda, langkah berikutnya adalah silahkan anda buka aplikasi tersebut dengan browser yang ada pada PC atau laptop anda, lalu login dengan menggunakan username : admin Pasword: admin123456 lalu login
  5. Langkah selanjutnya adalah silahkan anda sincron data dari dapodik dengan mengeklik tombol Ambil Data Dapodik dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Berikutnya adalah admin melengkapi berbagai data yang diperlukan seperti KKM, bobot penilaian, tanggal dan cetak rapor, dan lain-lainnya.
Demikianlah informasi mengenai erapor SD versi 1.1 tahun 2020/2021, semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: only a member of this blog may post a comment.