STANDAR PROSES_ PENGERTIAN DAN KOMPONEN

Diposting oleh On 18:17:00 with No comments

Standar Proses; Pengertian dan Komponen_  Sobat infoguruku, Standar proses pendidikan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang berarti dalam standar proses pembelajaran berlangsung. Penyusunan standar proses pendidikan diperlukan untuk menentukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sebagai upaya ketercapaian standar kompetensi lulusan. Dengan demikian, standar proses dapat dijadikan pedoman oleh setiap guru dalam pengelolaan proses pembelajaran serta menentukan komponen- komponen yang dapat mempengaruhi pendidikan.

Pengertian Standar Proses

Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SPN) menjadi salah satu acuan utama yang digunakan bagi satuan Pendidikan dalam keseluruhan proses penyelenggaraan pembelajaran, mulai dari perencanaan porses pembelajaran, pelakasanaan, penilaian serta pengawasan proses pembelajaran. Pemberlakuan standar proses pada satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan dalam mencapai standar kompetensi lulusan yang pada akhirnya mampu meningkatkan mutu pendidikan. \

Standar Proses dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SPN) adalah merupakan kriteria minimal proses pembelajaran berdasarkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. 

Standar Menurut Douglas (2002:7) standar itu aturan permainan yang terbuka. Digambarkan seperti pada saat anak-anak bermain congklak, salah satu anak berteriak: Kamu bohong! Dalam aktivitas anak-anak terdapat standar permainan. Standar itu pasti, misalnya dalam standar batas nilai minimal membantu siswa mencapai target. Standar itu ukuran keahlian atau kompetensi. Standar itu prestasi yang patut dicontoh. Standar itu tantangan. Standar itu hasil kesepakatan. Ditegaskan pula bahwa dari hasil studi mengenai pendidikan baik dilihat dari prespektif teoritis maupun polit is, Douglas menyatakan bahwa standar adalah efektif.
Menurut kamus besar bahasa indonesia standar adalah ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan.Sedangkan proses merupakan rangkaian kegiatan. Sehingga dapat dikatakan bahwa standar proses merupakan suatu hal atau ukuran yang dijadikan patokan dalam rangka melaksanakan suatu rangkaian kegiatan, yang dalam hal ini adalah patokan dalam melaksnakan kegiatan pembelajaran pada satuan pendidikan.  
dari pengertian diatas terdapat beberapa hal yang perlu diperhatiakn dalam standar proses:
Pertama, Standar proses pendidikan adalah standar nasional pendidikan, yang berarti standar proses pendidikan dimaksud berlaku untuk setiap lembaga pendidikan formal pada jenjang pendidikan tertentu dimanapun pendidikan lembaga itu berada secara nasional. Kedua, Standar proses berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran, yang berarti dalam standar proses pendidikan berisi tentang bagaimana seharusnya pembelajaran berlangsung. Dengan demikian,standar proses pendidikan dimaksud dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam pengelolaan pembelajaran. 
Ketiga, Standar proses diarahkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Dengan demikian, standar kompetensi lulusan merupakan sumber atau rujukan utama dalam menentukan standar proses pendidikan.  
Komponen Standar Proses
Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SPN) disebutkan bahwa, standar proses meliputi:
a. Perencanaan Pembelajaran
b. Pelaksanaan Pembelajaran serta
c. Penilaian Pembelajaran
Perencanaan Pembelajaran berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SPN) disebutkan pada pasal 11 dimana perencanaan pembelajaran merupakan aktifitas untuk merumuskan:
  • Capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran
  • Cara untuk mencapai tujuan belajar serta 
  • Cara menilai ketercapaian tujuan pembelajaran 
Selanjutnya, Pelaksanaan Pembelajaran dilaksanakan dalam suasana belajar yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Terkait penilaian pembelajaran yang menjadi komponen standar proses, penilaian pembelajaran yang dimaksud merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. 
Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran selain dilaksanakan oleh pendidik, penilaian juga dapat dilakukan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan dan atau peserta didik
Demikianlah informasi mengenai Pengertian dan komponen standar proses, semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »