KOMPONEN STANDAR ISI

Diposting oleh On 21:06:00 with No comments

Komponen Standar Isi_ Standar Isi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal yang mencakup ruang lingkup materi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Standar Isi disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spiritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, Standar Isi dikembangkan untuk menentukan kriteria ruang lingkup dan tingkat kompetensi yang sesuai dengan kompetensi lulusan yang dirumuskan pada Standar Kompetensi Lulusan, yakni sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. Karakteristik, kesesuaian, kecukupan, keluasan, dan kedalaman materi ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi beserta proses pemerolehan kompetensi tersebut. Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Sikap dibentuk melalui aktivitas-aktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan dimiliki melalui aktivitasaktivitas: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Karakteristik kompetensi beserta perbedaan proses pemerolehannya mempengaruhi Standar Isi.
Standar isi pada dasarnya memiliki fungsi sebagai acuan guru disaat memberikan materi dalam kegiatan pembelajarannya dikelas. Manfaat yang diperoleh dari standar isi adalah memudahkan bagi pengembang kurikulum guna merumuskan kurikulum yang dianggap sesuai pada tiap jenjang pendidikan. 
Beberapa hal yang menjadi komponen standar isi adalah:
  1. Kerangka Dasar kurikulum yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek muatan kurikulum, aspek prinsip pengembangan kurikulum, dan aspek prinsip pelaksanaan kurikulum
  2. Struktur kurikulum yang memiliki 2 aspek diantaranya isi strukutur kurikulum serta kompetensi inti dan kompetensi dasar
  3. Beban belajar berupa tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak tersetruktur
  4. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terdiri dari aspek pengembangan KTSP, Pengembangan silabus, Pengembangan RPP serta aspek Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  5. Kalender pendidikan
Selanjutnya, guna menambah referensi mengenai isi dari standar isi, pada postingan ini kami tautkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah disini (unduh)

 
Demikianlah informasi yang kami sajikan, semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua.
Sumber :
1. https://bsnp-indonesia.org/
2. https://www.quipper.com/

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »