DOWNLOAD PEDOMAN PEMUTAHIRAN DATA MANDIRI ASN DAN PPT Non ASN

Diposting oleh On 00:02:00 with No comments

Download Pedoman Pemutahiran Data Mandiri ASN dan PPT Non ASN_ Dikutip informasi dari laman https://setkab.go.id/ yang menyatakan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) Meminta Seluruh Aparatur Negara (ASN) serta Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Non-ASN untuk melakukan update data serta riwayat pribadi secara mandiri mulai Juli hingga Oktober 2021. ASN dan PPT Non-ASN hanya melakukan updating data dan riwayat pribadi ASN dan PPT Non-ASN tersebut melalui aplikasi MySAPK berbasis gawai dan website yang telah ditetapkan oleh BKN sebagai autentikasi data ASN dan PPT Non-ASN.
Pemutakhiran data ini bertujuan untuk memenuhi target terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 dan target Satu Data ASN sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2019. Pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non-ASN secara elektronik tahun 2021 ini menyasar dua aspek penting, yakni untuk mewujudkan data kepegawaian yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas data ASN; dan meningkatkan kualitas dan integritas data dalam rangka mendukung terwujudnya Satu Data ASN dan kebijakan pemerintah di bidang manajemen ASN
Untuk prosedur pelaksanaan pemutakhiran, BKN sudah menerbitkan Keputusan Kepala BKN Nomor 87 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan PPT Non-ASN Secara Elektronik Tahun 2021 tanggal 10 Mei 2021.
Pengisian usul pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non-ASN dilakukan sampai bulan Oktober 2021 dan dapat diperpanjang sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi. Sementara, proses verifikasi dan persetujuan data dilakukan sampai dengan akhir bulan Januari 2022 dan dapat diperpanjang sesuai dengan hasil monitoring dan evaluasi.
Guna membantu ASN maupun PPT Non ASN dalam melengkapi data tersebut, BKN telah mengeluarkan buku pedoman pemutahiran data mandiri ASN dan PPT Non-ASN. Pada buku panduan tersebut dijelaskan secara detail mengenai apa dan bagaimana entri data riwayat pribadi ASN dan PPT Non-ASN.

Pada buku pedoman Pemutahiran Data Mandiri ASN dan PPT Non ASN dijelaskan beberapa hal sebagai berikut:

Apa itu PDM dan Aplikasi Pendukungnya?

  • Pemutakhiran Data Mandiri ASN adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data
  • MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.
  • SIASN adalah rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh dan terintegrasi dengan berbasis teknologi yang dituangkan dalam bentuk Bahasa pemrograman
  • Helpdesk adalah layanan bantuan terintegrasi yang diperuntukkan bagi Pegwai Negeri Sipil apabila mengalami permasalahan dalam penggunaan aplikasi mobile MySAPK

Siapa saja yang terlibat dalam PDM-ASN?
  1. Pengguna : ASN dan PPT Non ASN yang menggunakan MySAPK
  2. Approval: PNS di unit kerja kepegawaian/BKD/unit pelaksana teknis yang ditunjuk melakukan persetujuan
  3. Verifikator: PNS yang ditunjuk oleh Instansi untuk melaksanakan proses verifikasi
  4. Admin: PNS yang ditunjuk oleh Instansi sebagai Admin Instansi

Apa saja data yang dimutahirkan?

Data Personal
  • Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS
Data Riwayat

  • Data yang berisi informasi riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung

Data apa yang dimutakhirkan PNS ?

Data Personal*
➢ Riwayat Jabatan*
➢ Riwayat Pendidikan dan diklat (Kursus) *
➢ Riwayat SKP (2 tahun terakhir) *
➢ Riwayat Penghargaan*
➢ Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang*
➢ Riwayat Keluarga
➢ Riwayat Peninjauan Masa Kerja
➢ Riwayat Pindah Instansi*
➢ Riwayat CLTN*
➢ Riwayat CPNS/PNS*
➢ Riwayat Organisasi
(* Wajib dimutahirkan)

Data apa yang dimutakhirkan PPPK dan PPT Non-ASN ?
➢ Data Personal*
➢ Riwayat Diklat (Kursus) *
➢ Riwayat Penghargaan/tanda jasa
➢ Riwayat Keluarga
➢ Riwayat Organisasi
(* Wajib dimutahirkan)

Selanjutnya informasi terkait pedoman pemutahiran data mandiri ASN dan PPT dapat anda baca dan unduh pada link berikut ini (unduh file)

 
Demikianlah informasi mengenai Download Pedoman Pemutahiran Data Mandiri ASN dan PPT Non ASN, semoga bermanfaat buat anda semua. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »