[UPDATE] DOWNLOAD APLIKASI SKHU SEMENTARA SMP 2021

Diposting oleh On 21:02:00 with No comments

[Update] Download Contoh SKHU Sementera SMP 2021_ Guna memperbaharui informasi mengenai download contoh SKHU Sementara SMP tahun 2020 yang kami post ditahun yang lalu, maka pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Contoh SKHU Sementara SMP tahun 2021 dengan judul [Update] Download Contoh SKHU Sementara SMP tahun 2021. Informasi ini diharapkan dapat membari manfaat terutama bagi rekan guru atau  sobat operator sekolah didalam membuat SKHU Sementara yang nantinya akan diberikan kepada siswa akhir jenjang SMP. 

SKHU atau Surat Keterangan Hasil Ujian merupakan dokumen surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah yang berisi nilai hasil ujian sekolah. SKHU ini diterbitkan oleh sekolah sebelum ijazah diterbitkan. Mengingat Proses penerbitan ijazah oleh sekolah cukup lama, maka untuk mengakomodir kelengkapan dokumen yang dibutuhkan siswa untuk mendaftar pada jenjang lebih tinggi, sekolah mengeluarkan surat keterangan yang kita kenal dengan nama SKHU Sementara.

Jika kita telusuri bahwa informasi terkait Aplikasi SKHU Sementara SMP tahun 2021 memiliki format yang beragam, hal ini dikarenakan aplikasi tersebut di buat oleh seolah yang bersangkutan. Sebagai Contoh; Dalam aplikasi SKHU Sementara SMP tahun 2021 yang kami sajikan ini, sekolah harus menginput beberapa data yang nantinya dijadikan based data dalam Dokumen SKHU Sementara yang akan diterbitkan. Data tersebut adalah data sekolah seperti identitas sekolah, identitas untuk blanko surat-surat yang akan diterbitkan. 

Selain data sekolah, biodata siswa nilai rapor siswa  semester 1 hingga 6 serta nilai ujian sekolah juga juga harus dientri pada aplikasi ini. 
Pada aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu cek hasil olah nilai, leger rata-rata rapor, nilai US, print SKHU, Print Pengumuman Kelulusan, Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) serta surat Keterangan Validasi NISN. 

Hal yang paling penting yang harus ada dalam SKHU adalah siswa harus memiliki NISN. Sebab NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang unik, standar serta berlaku sepanjang masa. Hal ini sejalan dengan pengertian NISN yang disebutkan dalam laman NISN  bahwa NISN adalah

NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri


NISN sangat bermanfaat untuk setiap individu siswa. Adapun tujan dan manfaat NISN  yang kami kutip dari laman referensi.data.kemdikbud.go.id adalah
  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN
Langkah-langkah menjalankan Aplikasi

  • Langkah kerja dalam menjalankan aplikasi SKHU Sementara tahun 2021 adalah sebagai berikut:
  • Langkah pertama adalah silahkan anda unduh file berikut (unduh)
  • Ekstrak file tersebut kemudian buka file APLIKASI SKHUS tahun 2021
  • Aktifkan Enable this macro ketika anda menjumpai security warning, macros have been disabled
  • Langkah selanjutnya adalah mengentri data yang diperlukan seperti data sekolah dan kriteria kelulusan, biodata siswa, nilai rapor semeter 1 hingga semester 6
  • Setelah selesai melakukan pengentrian data, silahkan lakukan penyimpanan.
  • Unuk cetak SKHU, Pengumuman Kelulusan, Surat Keterangan Berkelakuan baik dan Surat Keterangan Validasi NISN, anda dapat cetak melalui menu yang telah kami sediakan. 
Demikianlah informasi mengenai Download Contoh SKHU Sementara SMP 2021, kami berharap aplikasi ini memberi manfaat buat semua.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »