TRIK MEMINDAHKAN SOAL DARI MICROSOFT WORD KE GOOGLE FORM OTOMATIS

Diposting oleh On 19:36:00 with No comments

Trik memindahkan Soal dari Microsoft Word ke Google Form Otomatis_  Guru dijaman kekinian membutuhkan banyak pengetahuan terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penguasaan terhadap teknologi informasi menjadi wajib hukumnya bagi sobat guru. Salah satu penguasaan teknologi yang mungkin diperlukan oleh guru adalah bagaimana guru dapat menyajikan soal-soal online yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan assessment kepada siswa melalui media google form.

Membuat soal melalui media google form sangatlah mudah. Guru bisa mengetik soal satu demi satu melalui platform google form. Hanya saja, butuh waktu lebih dalam membuat soal mengingat guru harus mengetik soal one by one  pada google form. Terkait hal tersebut, kami mencoba membantu memberikan ilustrasi langkah bagimana menyajikan soal kedalam google form dalam jumlah yang banyak tanpa harus melakukan copy dan paste  dari soal yang kita miliki kedalam google form. Ilustrasi langkah tersebut kami ulas pada artikel yang berjudul "Trik Memindahkan Soal dari Microsoft Word ke Google Form Otomatis" . Kami berharap trik yang kami berikan dapat memberikan manfaat buat rekan guru semua

Langsung saja, kita bahas langkah-langkahnya:

Guna mendukung proses bagaimana cara memindahkan soal dari Microsoft Word ke Google Form secara otomatis, maka hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Mempersiapakan koneksi internet. Koneksi internet adalah hal utama yang harus dipersiapkan, mengingat akses google formulir hanya bisa dilakukan jika kita memiliki koneksi internet.
  • Mempersiapkan soal dalam bentuk Microsoft Word
  • Mempersiapkan tekad dan keinginan untuk belajar mandiri.
Selanjutnya, setelah anda memenuhi tiga syarat yang kami sebutkan diatas, maka langkah selanjutnya adalah:

langkah #1- Menyiapkan soal yang akan di konversi 

Langkah pertama dalam memindahkan soal dari Microsoft Word ke Google Form secara otomatis adalah dengan menyiapkan file soal yang berekstensikan DOC ataupun DOCX dengan catatan untuk tidak mencantumkan header atau kop soal. Hal ini dimaksudkan karena Header ataupun Kop Soal tersebut tidak kita cantumkan kedalam bagian soal. Masih dalam proses menyiapkan soal, penomoran soal juga perlu dihilangkan, jadi yang ada dalam file soal tersebut hanya ada soal dan pilihan jawaban. Selanjutnya, jika terdapat soal tingkat ataupun urutan seperti 1, 2, 3 dan seterusnya, maka soal tersebut harus dibuat dalam satu kalimat. Berikut ini kami contohkan dalam ilustrasi gambar skema soal yang perlu disiapkan:



langkah #2- Mengupload Soal yang telah dibuat dan dipersiapkan kedalam Google Drive

Langkah ini meliputi langkah dalam Mengupload soal yang telah kita buat ataupun kita persiapkan kedalam Google Drive yang kita miliki. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan  Koneksi internet
  • Kunjungi laman Google Drive
  • Silahkan anda login dengan menggunakan akun google yang ada miliki

  • Silahkan pilih menu Baru>>Buat Folder baru>>lalu berikan penamaan pada folder>> pilih dan klik folder yang telah kita buat>>>pilih menu tambah baru>>>pilih upload file


langkah #3 - Membuka soal yang telah diupload ke Google Drive kedalam Google Document
Setelah anda berhasil melakukan langkah-langkah sebelumnya yaitu mengunggah soal yang anda buat kedalam Gdrive, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah membuka soal yang terunggah kedalam Google Document. Caranya cukup sederhana, anda cukup memilih memilih file tersebut, lalu anda klik kanan guna memunculkan mini menu, kemudian pilih buka dengan>>>google document. Berikut kami contohkan dalam gambar:

Hal penting yang perlu anda ingat adalah setelah anda berhasil membuka file tersebut dalam bentuk google document, anda diwajibkan untuk menyimpan file tersebut dengan berformatkan google document. Adapun langkah-langkahnya adalah pilih dan klik menu file lalu pilih simpan sebagai google document. Berikut kami ilustrasikan dalam gambar:

Setelah anda melakukan penyimpanan file dengan format google document, anda perlu memastikan bahwa didalam folder soal yang telah kita buat tadi terdapat 2 jenis file yang tersimpan, 1 file berekstensikan doc, sedangkan 1 file yang lain berekstensikan google document. 

langkah #4 - Membuka Google Form
Langkah ke empat adalah membuka Google Form. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pastikan anda masih dihalaman Google Drive anda
  • Pilih menu baru>>Google Formulir>>Formulir Kosong

langkah #5 - Menginstal Add-on Form Builder pada Google Form
Guna menginstal add-on Form Builder pada google form, anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:
  • Silahkan anda pilih titik tiga pada bagian kanan atas>>pilih add-on


  • Silahkan ketik kata form builder pada kotak isian google workspace marketplace>>pilih dan klik form builder


  • Instal Form Builder

  • Pilih lanjutkan

  • Silahkan pilih akun yang akan anda gunakan untuk melanjutkan ke form builder>>>lalu izinkan


  • silahkan klik selesai. Dengan anda mengeklik tombol selesai, anda telah berhasil menginstal form builder
langkah #6 - Membuat soal dengan Form Builder
Lalu bagaimana cara membuat soal dengan form builder? Pada kesempatan ini kita bahas bagamana trik membuat soal dengan form builder. Kami berharap rekan guru sudah menyelesaikan semua langkah-langkah yang kami sebutkan diatas, sehingga nantinya tidak menemui kendala dalam membuat soal online dengan menggunakan form builder. Adapun langkah membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Memastikan bahwa anda telah membuka google formulir dengan template kosong. Adapun langkah-langkahnya sudah kami sebutkan pada postingan ini. 
  • Memberikan penamaan serta deskripsi yang dibutuhkan terhadap formulir yang kita buat. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat memahami apa yang harus mereka kerjakan ketika disajikan soal. Adapun contoh penamaannya sebagai berikut

Keterangan: 
Contoh Judul Formulir: Soal Ulangan Harian Bahasa Inggris KD.3.1
Contoh Deskripsi: Berikut ini merupakan soal ulangan harian bahasa inggris dengan KD. 3.1. Silahkan anda kerjakan soal berikut dengan jujur. Soal terdiri atas 20 butir pilihan jawaban dan diberikan waktu selama 90 menit. Terimakasih 
  • Langkah selanjutnya adalah mengimpor soal yang telah disimpan di google drive dengan format google document dengan menggunakan add-on form builder. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Pilih dan klik add-on>>Pilih form builder>>>start. Lebih detail, anda dapat perhatikan ilustrasi gambar berikut ini:


  • Setelah anda melakukan langkah diatas, anda akan melihat tampilan form builder seperti gambar dibawah ini, langkah yang anda harus lakukan adalah memilih dan mengeklik menu import from google docs

  • Ketika anda menjumpai kotak pilihan file, silahkan anda pilih file dokumen soal yang hendak anda impor ke google form>>select. Berikut kami ilustrasikan dalam gambar:

  • Setelah soal berhasil dimuat setelah kita melakukan pemilihan file dokumen soal yang terdapat di google document, anda akan melihat rentetan soal dalam form builder seperti gambar berikut. Langkah yang perlu anda lakukan adalah memilih dan mengeklik tombol import selected.

  • Silahkan anda tunggu proses impor soal dari form builder ke google form selesai. Jika sudah selesai, artinya anda telah berhasil memindahkan soal dari microsoft word ke google form secara otomatis. Pastikan anda telah memberikan kunci jawaban dan point jawaban benar pada tiap soal yang terdapat pada soal di google form. Anda juga perlu mengatur setelan google form kedalam bentuk quiz. Adapun caranya akan kami bahasa pada ulasan selanjutnya. Jika semua langkah yang kami sebutkan tersebut sudah anda lakukan, langkah terakhir anda dapat membagikan soal ujian atau ulangan kepada peserta didik
Kesimpulan
Dari penjelasan kami diatas bahwa trik memindahkan soal dari microsoft word ke google form otomatis sangat mudah buat anda lakukan. Anda perlu melewati beberapa langkah diantaranya unggah soal di google drive, membuka dan menyimpan soal tersebut kedalam google document, menginstal form builder serta mengimport soal kedalam google form. 
Akhirnya, postingan ini diharapkan memberikan manfaat bagi rekan guru tercinta. Anda dapat mengkreasikan soal yang anda buat dengan menambahkan limit jam mengerjakan serta token yang dibagikan kepada peserta didik nantinya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »