Download Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19

Posted by On 02:46:00


Download Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19_ Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa peran guru pada masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Selain guru diharapkan dapat membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi, guru juga diharapkan dapat melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.
Panduan yang dirilis oleh Pusdatin Kemendikbud yang beralamatkan di http://pusdatin.kemdikbud.go.id/ memiliki fungsi penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan utama dari panduan ini adalah 
  1. Memandu pengambilan keputusan yang cepat untuk memulai dan melaksanakan pembelajaran yang berkelanjutan. 
  2. Mendorong kolaborasi orang tua, guru, murid, untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona.
  3. Memastikan anak mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.
Guru memiliki tiga tugas utama dalam mendisain serta mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh. Tiga tugas utama tersebut dirumuskan pada pertanyaan Apa, Siapa dan Bagaimana? Berikut ini penjelasan detailnya berdasarkan Panduan yang dirilis oleh Pusdatin Kemendikbud:

A. APA (Isi/ Konten)
Hal yang perlu dilakukan:
  • Selaraskan dengan Kepala Sekolah tentang materi/konten yang paling tepat untuk diajarkan Pastikan GURU tetap mengikuti perubahan kurikulum, kebijakan, atau panduan yang ada
  • Mengikuti arahan pemerintah, dan sumber daya yang dimiliki guru dan siswa. Menentukan prioritas pembelajaran:
          • Selengkap mungkin sebagaimana kurikulum standar, 
          • Memberikan pengalaman belajar tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum, 
          • Mencakup pengetahuan dan keterampilan inti, atau
          • Fokus pada konten dan kegiatan yang akan membantu siswa mengatasi  krisis saat ini.
Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru:
  • Mengikuti arahan atau panduan resmi yang diberikan Kepala Sekolah tentang apa yang harus diajarkan dan bagaimana cara mendapatkannya. 
  • Selalu memberikan laporan perkembangan pembelajaran, kendala selama proses pembelajaran untuk mendapatkan umpan balik dari Kepala Sekolah. Mengikuti pertemuan atau diskusi kelompok dengan Kepala Sekolah menggunakan saluran formal dan informal. 
  • Melakukan komunikasi dengan sesama GURU untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi atas kendala yang dihadapi.
  • Memastikan persetujuan dari kepala Kepala Sekolah tentang kurikulum dan rencana pembelajaran yang akan diberikan selama proses pembelajaran jarak jauh.  
  • Menentukan target kurikulum yang akan dicapai yang mencakup pengetahuan dan keterampilan inti, dengan lebih memfokuskan pada kesejahteraan (well-being) para siswa.
  • Memastikan ada arahan atau panduan resmi yang harus diikuti untuk menerapkan rencana pembelajaran tersebut, dan sumber daya yang akan digunakan, serta rekomendasi narasumber yang harus dihubungi jika diperlukan bantuan teknis. 
  • Memulai pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan dan disetujui Kepala Sekolah dengan tetap mengikuti perkembangan kebijakan berikutnya

SIAPA ( Profil Pembelajaran, Kondisi dan Kebutuhan Siswa)

Profil Pembelajaran 
  • GURU memiliki pemahaman yang mendalam tentang siswa dan bagaimana mereka belajar, hal ini akan sangat membantu GURU untuk merancang pengalaman belajar jarak jauh yang lebih baik.
  • Tinjau apa yang GURU ketahui tentang siswa tentang pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan minat mereka, kekuatan mereka dan tantangan mereka
Yang diperhatikan GURU
  • Mengetahui siswa mana yang dapat menyelesaikan tugas sekolah mereka dengan baik sebelum sekolah ditutup dan mana yang masih belum bisa. 
  • Menentukan strategi pengajaran dan kegiatan belajar yang terbaik untuk siswa, diferensiasi atau strategi personalisasi yang paling efektif. 
  • Mengetahui siswa mana saja saya yang dapat bekerja secara mandiri dan siapa yang akan membutuhkan lebih banyak bimbingan dan dukungan belajar dari jarak jauh.
  • Mengetahui siswa mana saja yang merasa nyaman menggunakan teknologi dan siapa saja yang akan membutuhkan lebih banyak bantuan.
  • Mengetahui siswa mana saja yang dapat membantu teman sekelas dengan kegiatan belajar menggunakan teknologi. 

Kondisi dan Kebutuhan Siswa 

Mengetahui lingkungan rumah dan kondisi psikososial  siswa akan membantu GURU untuk menetapkan  tujuan yang realistis untuk belajar mereka
Yang diperhatikan GURU
  • Lokasi dan lingkungan rumah tinggal siswa, ditinjau dari aspek kenyamanan, keamanan, ketersediaan kebutuhan dasar yang memadai.
  • Mengetahui kondisi mental dan emosi siswa, apakah cemas atau takut, apakah mereka memiliki jaringan dukungan yang kuat di dalam rumah atau di komunitasnya. 
  • Mengetahui kepemilikan akses ke teknologi untuk pembelajaran jarak jauh, jenisnya, seberapa sering, untuk berapa lama, dan berapa biayanya, bagaimana mereka akan mengakses materi pembelajaran, bagaimana komunikasi satu sama lain, dan siapa yang akan paling membutuhkan bantuan dalam hal akses.
  • Mengetahui orang tua siswa atau orang lain dalam rumah siswa yang dapat membantu dalam enyelesaikan tugas sekolah, siswa mana yang akan membutuhkan lebih banyak  bimbingan dan dukungan dari GURU
BAGAIMANA MENYUSUN PEMBELAJARAN
GURU menyusun struktur pembelajaran jarak jauh bergantung pada apa yang diajarkan, siapa yang diajar, kemampuan pribadi dan sumber daya yang tersedia. Ingatlah refleksi mengenai hal ini saat akan mendesain pengalaman belajar jarak jauh.
Beberapa Sekenario dalam menyusun Pembelajaran
SKENARIO A dan B: lengkap, pelajaran terstruktur dimana guru masih perlu  menyusun kembali rencana pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh
Yang diperhatikan GURU
  • Mengadakan kelas jarak jauh dan memastikan jadwal proses pembelajaran dilaksanakan, alat untuk berkomunikasi  satu sama lain, mempertimbanghkan biaya, pola pelaksanaan secara serentak (pada saat yang sama) atau asinkronus (tidak  pada saat yang sama) atau campuran keduanya.
  • Instruksi langsung dan sumber daya. Memastikan bahan pengajaran berupa presentasi yang sesuai dengan materi kurikulum disiapkan dengan cara mengadopsi atau mengadaptasi dari bahan lain atau mengembangkan baru. 

SKENARIO A dan B: lengkap, pelajaran terstruktur

  • Kegiatan dan tugas
Disiapkan dengan cara menyederhanakan kegiatan lama atau membuat yang baru untuk dikerjakan siswa sendiri atau dengan bantuan dari orang tua atau wali murid. Bagaimana cara terbaik untuk memupuk rasa kepemilikan mereka terhadap proses belajar melalui self-direction, penemuan, penyelidikan, dan kolaborasi? Memastikan berapa banyak waktu yang akan diberikan kepada mereka untuk  setiap kegiatan yang akan dikerjakan baik secara individu atau dalam kelompok.
  • Fasilitasi
Memberikan panduan kepada murid saat mereka bekerja  dengan cara pemberian satu-satu, dalam kelompok kecil atau keseluruh kelas. Berkominukasi dengan orang tua atau wali murid untuk meminta kerjasamanya agar dapat bekerja secara efektif bersama mereka untuk menjaga anak mereka tetap terlibat dan membuat kemajuan dalam pembelajarannya.

SKENARIO A dan B: lengkap, pelajaran terstruktur
Kesejahteraan (well-being) psikososial
  • Memberikan dukungan kepada siswa secara mental dan emosional saat menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. 
  • Jumlah pekerjaan yang diberikan kepada siswa harus mempertimbangkan keseimbangan kesejahteraan psikososial siswa dengan tuntutan kurikulum dan berkomunikasi dengan orang tua untuk bekerja sama dalam mencapai keseimbangan tersebut. 
  • Sumber daya dan alat apa yang  dapat ditawarkan kepada siswa untuk membantu mengatasi dan tindakan apa yang hendaknya diambil bagi mereka yang memerlukan perjuangan khusus. 
Inklusi
Memastikan bahwa semua siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran jarak jauh. Apabila ada siswa dengan keterbatasan atau tidak memiliki akses ke internet atau telepon, maka disiapkan:  
  • pola komunikasi dan jadwalnya dengan alternatif pola pembelajaran instruksi langsung, sumber daya, kegiatan, dan penilaian untuk siswa 
  • fasilitasi pembelajaran siswa, mendukung  secara mental dan emosional, dan memeriksa kemajuan mereka. 
  • pengaturan alternatif yang akan diperlukan untuk mereka dengan kepala sekolah, orang tua, atau pengasuh
Demikanlah informasi mengenai Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19. Untuk informasi detailnya, silahkan anda unduh pada tautan berikut ini

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »