Cara Login Sipintar Enterprise/ PIP Kemendikbud tahun 2020

Posted by On 21:14:00


Cara Login Sipintar Enterprise/ PIP Kemendikbud tahun 2020_ Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan taraf pendidikan adalah melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Program kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial dan Kementerian Agama ini juga memprioritaskan bagi anak usia sekolah yang termasuk yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana/musibah. PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal
Untuk melihat data siswa penerima PIP kemdikbud ditahun 2020 ini, anda dapat mengaksesnya  melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise. Laman ini merupakan laman baru yang dapat digunakan untuk melihat data siswa penerima PIP disemua jenjang baik SD, SMP, SMA maupun SMK.
Meskipun laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise dapat digunakan untuk akses data siswa PIP untuk semua jenjang, anda juga masih dapat mengakses data siswa PIP pada laman PIP sebelumnya dimana tingkat SD  beralamatkan di pipsd.kemdikbud.go.id, tingkat SMP beralamatkan di pipsmp.kemdikbud.go.id, tingkat SMA  beralamatkan di pip.psma.kemdikbud.go.id serta tingkat SMK beralamatkan di http://pipsmk.ditpsmk.net. 
Cara Login pip.kemdikbud.go.id/enterprise tahun 2020
Terdapat dua langkah yang bisa digunakan oleh sekolah untuk bisa login ke laman  pip.kemdikbud.go.id/enterprise yaitu menggunakan akses login secara default serta akses login dengan SSO dapodik.
A. Akses Login secara Default
Adapun langkah-langkah login secara default adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise
  • Silahkan anda login dengan menggunakan username NPSN sekolah anda serta password berupa KODE REGISTRASI (KOREG) DAPODIK dengan pilihan akses login adalah sekolah


B. Akses Login dengan SSO Dapodik
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi laman https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise
  • Silahkan anda login dengan menggunakan username dan password dapodik sekolah anda


C. Menu pip.kemdikbud.go.id/enterprise
 Beberapa menu yang ditampilkan dilaman ini adalah 
  • Beranda : Menampilkan informasi yang berkaitan dengan PIP
  • Siswa: Menampilkan data siswa penerima PIP dalam berbagai tahap serta dengan status sudah cair dan belum cair
  • Other dengan memiliki dua sub tab menu berupa clear cache dan logout
Setelah anda berhasil login laman Sipintar Enterprise/PIP Kemendikbud 2020, anda bisa melihat daftar siswa penerima dana PIP pada menu siswa. Caranya Pilih menu siswa lalu pilih tahun>> tahap>> status pencairan (belum cair/cair). Sekolah juga dapat melakukan konfirmasi data siswa apakah siswa penerima PIP beda jenjang, Kembali ke Negaranya, Lulus, Meninggal, Menolak, Mutasi, Sudah Cair, tidak bisa dihubungi atau tidak sekolah. Untuk Melihat menu konfirmasi, anda dapat melakukan pemilihan terhadap salah satu siswa yang akan diperifikasi, lalu pilih dan klik menu konfirmasi pada kolom konfirmasi.



Demikianlah informasi mengenai Cara Login Sipintar Enterprise/ PIP Kemendikbud tahun 2020, semoga bermanfaat buat semua.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »