MUDAHNYA MEMBUAT SOAL UJIAN SEMESTER DENGAN GOOGLE FORM

Posted by On 21:20:00


Mudahnya membuat soal ujian semester dengan google form_ Pada kesempatan ini admin ingin berbagi mengenai cara membuat soal ujian semester dengan menggunakan google form. Setelah ditelusuri dari berbagai referensi mengenai cara membuat soal ujian semester dengan google form, admin menyimpulkan bahwa prosesnya begitu mudah asal kita mengikuti langkah langkah yang diberikan. Langsung saja, berikut ini kami sertakan langkah-langkah membuat soal ujian semester dengan menggunakan google form:
  • Silahkan anda login gmail  anda (Jika anda tidak memiliki akun gmail, silahkan anda daftar dulu disini
  • Langkah berikutnya silahkan anda buka google drive anda atau bisa juga anda klik pada tautan http://drive.google.com
  • Silahkkan anda klik tombol baru (New)
  • Ketika menjumpai menu drop down, silahkan anda pilih menu lainnya lalu pilih google formulir
  • Jika anda sebagai pengguna google form untuk pertama kali, google form akan menampilkan tawaran TUR, silahkan anda abaikan dengan menekan tombol lain kali, sehingga nantinya google form akan menampilkan form isian. Silahkan ada isi kolom sesuai  dengan kebutuhan anda. Dalam hal ini kami mencontohkan kolom isian formulir tanpa judul dengan nama UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN 2020, deskripsi formulir berupa SMP NEGERI 13 MUARO JAMBI. Tambahkan entrian Nama pada kolom pertanyaan, serta rubahlah jenis isian jawaban dengan pilihan  Jawaban Singkat. 


  • Untuk menambahkann kolom yang sama seperti kolom Nama, silahkan anda pilih kolom duplicate. Langkah berikutnya adalah silahkan ada ketik kelas. Kemudian pilih model jawaban dengan model jawaban singkat

  • Langkah berikutnya adalah menjadikan google form sebagai Kuis dengan mengeklik tombol setelan (*1) yang terletak di pojok kanan atas, kemudian klik tab menu Kuis (*2) lalu aktifkan fitur Jadikan ini sebagai kuis (*3)





  • Langkah berikutnya, silahkan klik menu (+) untuk menambahkan kotak bagian soal (ditunjukan pada gambar dibawah ini dengan nomor  1). Silahkan entri soal pada kolom yang sudah disediakan (gambar nomor 2). Kemudian pilih jenis jawaban pada menu pilihan jawaban (gambar 3). Pada contoh yang kami berikan, jenis jawaban adalah pilihan ganda. untuk menambahkan beberapa opsi jawaban, silahkan anda klik tambahkan opsi (gambar 4). Jangan lupa anda berikan kunci jawaban beserta skor untuk masing-masing soal.

    • Lakukanlah langkah-langkah diatas pada soal lain yang anda ketik sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Untuk dapat memberikan batasan waktu pengerjaan soal, silahkan anda gunakan script yang telah dibuat oleh pihak ketiga serta tersedia didaftar pengaya google. Caranya adalah klik tanda titik tiga (lainnya) yang terletak disebelah kiri akun anda, lalu pilih menu add on (pengaya)


    • Kemudian cari pengaya Form Limiter, klik untuk proses instalasi pada akun google anda



    • Klik ijinkan untuk memasang skrip


    • Setelah anda selesai melakukan proses pemasangan, anda akan melihat tampilan jendela di sebelah kanan soal yang berisi menu pengaya.

    • Anda dapat atur tanggal dan waktu ditutup soal online anda pada menu pengaya tersebut. Jangan lupa klik tombol save dan enable ketika anda selesai melakukan pengaturan tanggal dan waktu.


    Demikianlah informasi mengenai mudahnya membuat soal ujian semester dengan google form. Kami berharap, informasi ini dapat memberikan manfaat bagi semua.



      Next
      « Prev Post
      Previous
      Next Post »