DOWNLOAD RPP PJOK 1 (SATU) LEMBAR SMP TAHUN 2020

Posted by On 21:42:00


Download RPP PJOK 1 (satu) Lembar SMP tahun 2020 _Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, seorang pendidik/guru seharusnya memiliki panduan dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan agar supaya proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa berjalan dengan baik dan maksimal. Panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituangkan dalam bentuk RPP.
Terkait dengan pembuatan RPP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa terkait kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan (Jpnn.com). RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen seperti (1) identitas sekolah, (2) identitas mata pelajaran atau tema/subtema (3) kelas dan semester (4) materi pokok (5) alokasi waktu (6) tujuan pembelajaran, (7) Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (8) materi pembelajaran (9) metode pembelajaran (10) media pembelajaran (11) sumber belajar (12) langkah-langkah pembelajaran (13) penilaian hasil pembelajaran. Kini ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta penilaian pembelajaran (assessment), sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.
Pada masing-masing tiga komponen RPP, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi catatan ketika kita hendak membuat RPP 1 Lembar. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Tujuan Pembelajaran Pada RPP 1 Lembar SMP

Berkaitan dengan pembuatan RPP 1 lembar, tujuan pembelajaran mengacu pada:
  • Tujuan Pembelajaran hendaknya ditulis dengan merujuk pada kurikulum 2013 serta kebutuhan belajar dari peserta didik
  • Tujuan Pembelajaran didalam RPP menggambarkan dari seluruh proses serta hasil belajar yang nantinya diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan sesuai dengan kompetensi dasar
  • Dalam penyusunan tujuan pembelajaran pada RPP yang disederhanakan hendaknya dirumuskan berdasarkan komptensi dasar dengan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO)yang dapat diamati serta diukur dengan mencakup sikap, pengetahuan serta keterampilan
Langkah- Langkah Pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMP

Adapun hal yang menjadi acuan dalam pembuatan langkah-langkah pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMP adalah sebagai berikut:
  • Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP 1 Lembar SMP hendaknya ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung menggapai Kompetensi Dasar. Namum demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta dapat memotivasi siswa atau peserta didik.
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan abad 21 diantaranya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Penilaian Pembelajaran (Assesment) pada RPP 1 Lembar SMP

Pada RPP 1 Lembar, Penilaian pembelajaran hendaknya:
  • Prosedur penilaian pembelajaran hendaknya dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  • Penilaian pembelajaran juga dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan tiga bentuk penilaian abad 21, seperti assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.

Selanjutnya, bagi rekan-rekan guru yang telah membuat RPP PJOK dengan menggunakan format yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, tentunya tetap boleh digunakan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, bagi rekan-rekan guru yang hendak membuat dalam versi baru, berikut ini kami sertakan link-link contoh RPP PJOK 1 Lembar jenjang SMP semester 2 tahun 2020. Diharapkan link-link yang kami sertakan, dapat membantu rekan guru semua. Rekan guru tentunya dapat mengembangkan sendiri dengan tetap berpedoman dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru yaitu efektif, efisien serta berorientasi pada peserta didik

Contoh RPP PJOK 1 (satu) Lembar SMP Tahun 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : www.infoguruku.net
Kelas / Semester :     VII / 2
Mata Pelajaran :    P J O K
Materi Pokok :    Aktivitas Beladiri
Sub Materi :    Beladiri Pencak Silat
Alokasi Waktu:  2 Pertemuan  (6 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN  
Setelah mengikuti pembelajaran ini di harapkan peserta didik dapat :
  • Memahami cara melakukan sikap dalam pencak silat (sikap berdiri, jongkok, duduk, berbaring, sikap pasang, dan sikap khusus) dengan benar.
  • Memahami cara melakukan pola langkah dalam pencak silat (pola lurus, zig zag, ladam, segitiga, segiempat, dan huruf S ) dengan benar.
  • Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
  • Melakukan sikap, Melakukan teknik pukulan, Melakukan teknik tangkisan, Melakukan teknik tendangan, Melakukan teknik elakan dalam pencak silat.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
  • Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
  • Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
  • Pembiasaan membaca(LITERASI)
  • Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
Kegiatan Inti
Mengamati
  • Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk memperagakan gerak dan siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
Mananya
  • Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
  • Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
Mengumpulkan Informasi
  • Menemukan hubungan keterampilan gerak.
  • Menerapkan berbagai gerak spesifik aktivitas jalan cepat secara beregu dengan menunjukkan sikap kerja sama, sportivitas, tanggung jawab, dan kedisiplinan.
Mengasosiasi
  • Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
  • Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
  • Mengkomunikasikan
  • Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki kesalahankesalahan gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati perkembangan perilaku peseta didik.
  • Dalam mengajarkan materi aktivitas jalan cepat guru dapat memodifikasi alat peraturan dan lapangan perlombaan.
Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
  • Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
  • Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
  • Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
Selanjutnya, bagi anda yang berminat unduh file contoh RPP PJOK 1 (satu) Lembar jenjang SMP kelas 7 dapat anda download pada tautan berikut ini (unduh), Contoh RPP PJOK 1 (satu) Lembar Jenjang SMP kelas 8 dapat anda download pada tautan berikut ini (unduh), Contoh RPP PJOK 1 (satu) Lembar Jenjang SMP kelas 9 dapat anda download pada tautan berikut ini (unduh)
tautan berikut ini:
Download RPP 1 Lembar IPA SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar matematika SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar IPS SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar Seni Budaya SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download RPP 1 Lembar PJOK SMP tahun 2020 semester 2 (unduh)
Download Buku Saku Penyederahanaan RPP  (unduh)
Demikanlah informasi mengenai Download RPP PJOK 1 (satu) Lembar jenjang SMP tahun 2020. Semoga bermanfaat buat semua.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »