Indahnya Berbagi ilmu buat sesama Guru

CARA TAMBAH PESERTA DIDIK PINDAHAN PADA APLIKASI DAPODIK 2020

Posted by On 01:41:00

Cara Tambah Peserta Didik Pndahan pada Aplikasi Dapodik 2020_ Postingan Kali ini melengkapi postingan sebelumnya yaitu  Cara Tambah Peserta Didik Baru pada Aplikasi Dapodik 2020 secara online pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Seperti yang kita fahami bersama bahwa perpindahan siswa baru antar sekolah merupakan hal yang biasa terjadi. Alasan klasik  yang paling sering kita dengar adalah karena mengikuti orang tua yang pindah domisili. Terkait hal tersebut, guna memasukkan siswa kedalam aplikasi dapodik, perlu melakukan penarikan data pokok siswa tersebut dari sekolah asal lalu mensincronkan aplikasi dapodik pada sekolah yang dituju. 
Terkait dengan menarik data peserta didik pindahan, pada postingan kali ini kami memberikan beberapa step yang mungkin dapat dijadikan referensi tarik peserta didik pindahan dari sekolah lain. Adapun step-stepnya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda persiapkan data peserta didik pindahan pada sekolah anda
  • Silahkan anda kunjungi alamat berikut https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, lalu login dengan menggunakan username serta password dapodik anda. Setelah anda entri data user dan password, jangan lupa pilih dan klik menu "Kelola Data Sekolah"
  • Selanjutnya pilih dan klik menu " Kelolah Data Pokok" seperti yang tertera pada gambar berikut ini:

  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda klik menu "Peserta Didik" dan sub tab menu "Tambah Peserta". Berikut kami contohkan dalam gambar:

  •  Selanjutnya, silahkan anda pilih menu "Pindah/Mutasi" guna menampilkan referensi pencarian siswa berdasarkan propinsi, kabupaten, kecamatan, sekolah asal, serta rombel tujuan. Silahkan anda pilih referensi propinsi, kabupaten, kecamatan, sekolah asal serta rombel tujuan dari peserta didik pindahan tersebut. Setelah selesai, silahkan anda klik menu tampilan. Menu ini berfungsi menampilkan data peserta didik pindahan/ mutasi. Silahkan anda pilih nama siswa yang mutasi ke sekolah anda dengan mencentang pada kotak isian centang yang ada disebelah kiri. Lakukan penyimpanan jika pemilihan peserta didik telah dilakukan dengan mengeklik tombol simpan. Tombol ini terletak pada bagian bawah. Berikut ini kami terangkan dalam gambar:

 Keterangan Gambar:
  1. Silahkan anda pilih propinsi dari sekolah asal siswa pindahan tersebut
  2. Silahkan anda pilih kabupaten dari sekolah asal siswa pindahan tersebut
  3. Silahkan anda pilih Kecamatan dari sekolah asal siswa pindahan tersebut
  4. Silahkan anda pilih Sekolah asal siswa pindahan tersebut
  5. Sikahkan anda pilih rombel tujuan dari siswa tersebut
  6. Silahkan anda pilih dan klik menu tampilan
  7. Silahkan anda checklist siswa pindahan tersebut
  8. Silahkan anda simpan dengan mengeklik menu simpan.
Demikanlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait Cara Tambah Peserta Didik Pndahan pada Aplikasi Dapodik 2020. Semoga bermanfaat buat semua.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »