Indahnya Berbagi ilmu buat sesama Guru

CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU PADA APLIKASI DAPODIK 2020 SECARA ONLINE PADA LAMAN https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Posted by On 07:30:00

CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU PADA APLIKASI DAPODIK 2020 SECARA ONLINE_ Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai cara tambah peserta didik baru secara online ke dalam aplikasi dapodik 2020. Informasi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi anda yang berperan sebagai operator sekolah yang hendak melakukan tambah peserta didik baru secara online di laman manajemen dapodik yang beralamatkan di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. 
Sebagai operator sekolah, pekerjaan tambah peserta didik secara online pada laman manajemen dapodik merupakan pekerjaan yang harus dilakukan ketika memasuki tahun ajaran baru dengan aplikasi dapodik versi baru. 
Pada Aplikasi Dapdoik versi 2020 terdapat salah satu fitur yang dinonaktifkan fungsinya bagi operator sekolah dalam melakukan penambahan peserta didik baru. Lalu bagimanakah cara input data siswa baru? Berikut ini adalah referensi tentang bagaimana cara input data siswa baru menurut bapak Yusuf Rohmat
  • Bagi siswa kelas satu SD, teknik penambahan peserta didiknya dapat menggunakan dua teknik yaitu tarik data peserta didik dari tingkat PAUD/TK pada laman manajemen dapodik atau bisa juga menambahkan secara manual pada aplikasi dapodik.
  • Bagi siswa kelas tujuh (7) SMP dan 10 SMA/SMK, teknik penambahan peserta didik dapat dilakukan melalui tarik data peserta didik pada manajemen dapodik dari sekolah asalnya.
  • Bagi siswa baru yang berasal dari luar dapodik, khususnya dari jenjang MI, MTs ataupun Sekolah Luar Negeri, teknik penambahan peserta didiknya dapat dilakukan melalui laman manajemen dapodik yang beralamatkan di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dengan persetujuan dari dinas pendidikan setempat.
  • Bagi daerah yang telah terintegrasi system penerimaan peserta didik baru secara online ke dapodik, maka teknik penamabahan peserta didiknya tidak perlu melakukan tarik peserta didik dari laman manajemen dapodik karena siswa baru tersebut sudah muncul pada aplikasi dapodik secara otomatis. Adapun daftar kabupaten/kota/provinsi yang telah melakukan migrasi data penerimaan peserta didik baru secara online kedalam dapodik adalah sebagai berikut: 

sumber gambar:bapak yusuf rohmat

Lalu terkait dengan postingan kami mengenai bagaimana cara tambah peserta didik baru pada aplikasi Dapodik 2020 secara online melalui laman manajemen dapodik? Berikut ini penjelasannya:
  • Hal pertama adalah persiapkan username dan password anda guna akses kelaman manajemen dapodik 
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda kunjungi laman berikut ini https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  • Ketika tampil halaman awal seperti gambar dibawah ini, silahkan login dengan menggunakan user dan password dapodik anda lalu pilih dan klik menu kelola data sekolah



  • Langkah berikutnya adalah memilih dan mengeklik kelolah data pokok seperti yang tampil dalam gambar berikut ini:

  • langkah berikutnya adalah memilik dan mengeklik menu peserta didik kemudian dilanjutkan dengan memilik dan mengeklik tombol menu tambah peserta didik seperti yang tertera dalam gambar berikut ini:


  • Pada tampilan berikutnya terdapat dua menu yang disajikan dalam manajemen dapodik. Pertama adalah menu peserta didik baru yang fungsinya untuk menambahkan peserta didik baru secara online, selanjutnya yang kedua adalah menu pindah/mutasi yang digunakan untuk menarik siswa pindahan atau mutasi dari sekolah sebelumnya. 


  • Guna melakukan penambahan peserta didik baru yang datanya bersumber dari data dapodik, silahkan anda klik menu peserta didik baru dengan pilihan menu sumber data adalah tarik PD Dapodik. Namun, jika anda ingin melakukan penambahan peserta didik baru yang datanya bersumber dari data diluar dapodik seperti data Emis, maka anda dapat memilih menu sumber data "tambah PD diluar dapodik". Terkait dengan cara tarik peserta didik baru di tahun ajaran baru 2019/2020, maka sumber data yang musti anda pilih adalah tarik PD Dapodik. Namun Apabila sekolah anda sudah melakukan sinkronisasi dapodik dengan rombel peserta didik yang akan ditarik sudah dibuat sebelumnya, maka langkah menambahkan nama peserta didik baru dengan sumber data tambah PD diluar Dapodik juga bisa dilakukan. Jika sekolah anda belum melakukan sincronisasi dapodik, maka notifikasi yang muncul adalah Sekolah terbaca tidak memiliki rombel pada semester aktif Untuk dapat menambahkan peserta didik diluar dapodik, pastikan sekolah sudah menyiapkan rombel terlebih dahulu. Terkait notifikasi ini, silahkan anda lengkapi pembelajaran dan rombel pada aplikasi dapodik lalu lakukan sincron dapodik.

  •  silahkan anda lakukan penambahan peserta didik baru dengan sumber data tarik PD dapodik. Lengkapi pengisian propinsi, Kabupaten/kota, Kecamatan, Sekolah asal serta tahun lulus. Langkah berikutnya adalah silahkan anda pilih dan klik menu tampilkan. Tunggu proses menampilkan data peserta didik baru. Jika sudah tampil, silahkan anda pilih dan klik tombol ceklist nama siswa lalu pilih simpan. Menu simpan terdapat pada bagian bawah, berikut ini kami tampilkan dalam gambar:
Keterangan Gambar:
  1. Silahkan pilih sumber data yang bersumber dari data dapodik
  2. Silahkan anda pilih provinsi sekolah asal peserta didik yang akan ditarik
  3. Silahkan anda pilih kabupaten/kota sekolah asal peserta didik yang akan ditarik
  4. Silahkan anda pilih Kecamatan sekolah asal peserta didik yang akan ditarik
  5. Silahkan anda pilih sekolah asal peserta didik 
  6. Silahkan anda pilih tahun lulus peserta didik 
  7. Pilih dan klik menu tampilkan 
  8. Pilih dan Checklist nama siswa yang akan ditarik 
  9. Pilih dan klik menu simpan
Demikianlah cara tambah peserta didik baru pada aplikasi dapodik 2020 secara online pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Semoga bermanfaat buat semua.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »