Indahnya Berbagi ilmu buat sesama Guru

CARA UPLOAD FOTO PESERTA UN DI LAMAN UNBK (https://unbk.kemdikbud.go.id/) TAHUN 2019

Posted by On 20:54:00


Cara Upload Photo Peserta UN di Laman UNBK tahun 2019_ salah satu tugas Proktor dalam rangka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 adalah mengunggah atau mengupload Foto peserta Ujian Nasional di laman UNBK (https://unbk.kemdikbud.go.id/). Penambahan menu upload kartu peserta ini telah ada pada laman UNBK pada periode tahun ajaran 2017/2018. Kemudian diperiode tahun ajaran 2018/2019, menu upload foto masih tetap diterapkan. Tujuannya mungkin mempermudah proktor dalam mengidentifikasi nomor peserta dan nama peserta ujian berdasarkan foto peserta.
Menyikapi adanya proses upload foto dilaman UNBK, maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Cara Upload Photo Peserta UN di Laman UNBK tahun 2019. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pastikan anda sudah mengubah nama file foto siswa sekolah anda berdasarkan username siswa yang disajikan di laman UNBK, contoh : file A dengan nama Arliza, di rename menjadi P1010001300002343
  • Jika kualitas internet di wilayah anda kurang bagus, maka pastikan anda sudah me-resize ukuran foto anda menjadi ukuran foto dokumen kecil. Cara paling mudah me-resize ukuran foto secara bersamaan adalah dengan menggunakan microsoft office picture manager.  Adapun caranya Dapat anda lihat pada postingan berikut: Cara Mengubah Ukuran Foto Siswa Secara Bersamaan dengan menggunakan microsoft office picture manager
  • Silahkan anda format foto yang telah anda rename kedalam bentuk zip.  Anda dapat format foto kedalam bentuk zip satu persatu ataupun anda juga dapat memformat foto secara keseluruhan dengan menggunakan aplikasi Rom Zipper. Aplikasi dapat diunduh pada tautan berikut ini [unduhan]
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda buka laman UNBK dengan menggunakan user dan password UNBK sekolah anda
  • Pilih dan klik menu simulasi, kemudian pilih dan klik menu Kartu Peserta Siswa guna memunculkan kotak dialog "cetak kartu login". Silahkan anda klik menu cetak setelah anda menjumpai tampilan kotak dialog "cetak kartu login" 
  • Ketika anda menjumpai tampilan seperti gambar berikut, silahkan anda klik menu upload foto. 


  • Terdapat tiga menu ketika anda menampilkan kotak dialog "upload". Menu "tambah"berfungsi menambahkan file foto peserta kedalam laman UNBK, menu "hapus" berfungsi menghapus file foto peserta kedalam laman UNBK dan menu "upload" berfungsi untuk upload foto peserta setelah ditambahkan kedalam laman UNBK melalui tombol menu "tambah". Silahkan anda klik menu "tambah" dan setelah data tampil, silahkan anda klik menu "Upload". Berikut ini kami terangkan dalam bentuk gambar:

  • silahkan tunggu proses upload hingga selesai.

  • jika sudah selesai upload, maka anda sudah meyelesaikan tahapan upload foto peserta UN di laman UNBK. Berikut kami tampilkan dalam gambar:



Demikianlah informasi mengenai cara Upload foto Peserta UN di laman UNBK (https://unbk.kemdikbud.go.id/) tahun 2019. semoga bermanfaat buat semua.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »