Berbagi ilmu buat sesama

CARA CETAK SURAT PINDAH SISWA/MUTASI DADODIK 2019 PADA LAMAN https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Posted by On 01:29:00 with No comments


Pada aplikasi Dapodik versi 2019 ini, menu konfirmasi dan cetak surat mutasi peserta didik masih tersedia di aplikasi seperti halnya dengan Aplikasi Dapodik Versi 2018. Hanya saja, untuk cetak surat mutasi, hanya dapat dilakukan di laman manajemen Dapodik satuan pendidikan melalui laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Berikut ini kami ulas beberapa langkah Cara cetak Surat Pindah Siswa/Mutasi melalui Laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Langkah yang pertama adalah silahkan anda buka aplikasi dapodik anda dengan menggunakan user dapodik sekolah anda. 
  • Pilih menu peserta didik, lalu pilih peserta didik yang akan anda mutasi, klik tombol menu registrasi dan lengkapi data registrasi keluar peserta didik tersebut. Perhatikanlah gambar berikut: 

Contoh Gambar Registrasi Keluar Peserta Didik 

  • Langkah berikutnya adalah simpan dan tutup. 
  • Anda akan menjumpai notifikasi seperti dibawah ini, langkah berikutnya adalah silahkan klik menu konfirmasi cetak dan tunggu hingga notifikasi konfirmasi cetak surat mutasi yang seperti gambar dibawah ini muncul, klik tombol YA untuk melanjutkan.



  • Langkah berikutnya adalah silahkan kunjungi laman manajemen Dapodik Satuan Pendidikan yang beralamatkan di sini, kemudian silahkan login dengan menggunakan akun dapodik anda

  •  Jika anda telah menjumpai informasi akun seperti gambar dibawah ini, silahkan anda klik menu kelola data pokok. 


  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda pilih menu peserta didik, lalu menu status. Gunakan pilihan status keluar untuk memunculkan daftar nama siswa yang sudah kita keluarkan. Berikut kami contohkan dalam gambar:



  • Silahkan anda pilih nama siswa yang anda keluarkan dari aplikasi dapodik tadi, lalu pilih dan klik menu gambar printer. Tunggu proses Cetak surat Mutasi. Jika anda berhasil, maka anda akan menjumpai lembaran surat mutasi peserta didik. Jika belum berhasil, harap rubah settingan browser anda dengan mengijinkan content pop up (langkah detailnya, silahkan anda googling  dengan kata pencarian  cara mengijinkan Pop Up). 




Demikianlah informasi mengenai Cara Cetak Surat Pindah/Mutasi Dapodik 2019 pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.  Semoga bermanfaat buat kita semua. 



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »