Berbagi ilmu buat sesama

CARA KUNCI DAFTAR HADIR DAN BUAT SPTJM PADA APLIKASI DAFTAR HADIR ONLINE (DHGTK)

Posted by On 20:08:00 with No comments


Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan kini aktif dan telah berjalan dalam beberapa bulan. Sistem ini mencatat kehadiran GTK secara online bagi tenaga guru dan kependidikan baik di sekolah negeri ataupun disekolah swasta di seluruh Indonesia. 
Dalam pelaksanaannya, sistem kehadiran pada masing-masing satuan pendidikan dikendalikan oleh dua user dimana user pertama dijalankan dengan menggunakan user dapodik, dan user kedua dijalankan dengan menggunakan user kepala sekolah. 
Setelah satu bulan berjalan, Kepala sekolah sebagai manajer di sekolah berhak melakukan kuncian hadir dan membuat Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak atau yang kita kenal dengan SPTJM. Lalu bagaimanakah melakukan penguncian hadir dilaman hadir GTK? berikut ini kami informasikan mengenai cara kunci daftar hadir dan buat SPTJM pada Aplikasi Daftar Hadir Online (DHGTK)
  • Langkah yang pertama adalah mempersiapkan user yang akan digunakan untuk login Daftar hadir online (DHGTK). User yang dimaksud adalah user Kepala Sekolah. Terkait dengan user, diupayakan user yang digunakan adalah user berupa email yang aktif dan sudah terinput di dapodik. 
  • Langkah yang kedua adalah silahkan anda login pada salah satu link laman DHGTK berikut ini, dan tunggu hingga proses selesai, dan tampil halaman muka dari laman DHGTK seperti gambar dibawah ini, lalu klik menu login sekolah
  1. http://223.27.144.195:2017
  2. http://223.27.144.195:7000
  3. http://118.98.166.188/index.php
  4. http://223.27.144.195:212
  5. http://223.27.144.195:414
  6. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
  7.  http://223.27.144.195
 

  •  Langkah yang kedua adalah silahkan anda login dengan mengentrikan NPSN sekolah anda, user kepala sekolah beserta passwordnya (catatan: Jika anda lupa password, anda dapat melihat password user kepala sekolah anda di aplikasi dapodik, menu penugasan). Berikut ini adalah gambar langkah login dengan menggunakan user kepala sekolah:
 
 Keterangan gambar:
1. Pada gambar yang ditunjukkan pada angka 1, isikan NPSN sekolah anda
2. Gambar yang ditunjukkan pada angka 2, input email kepala sekolah anda
4. Gambar yang ditunjukkan pada angka 3, inputkan pasword dari akun kepala sekolah anda
5. Gambar yang ditunjukkan pada angka 4, inputkan kode angka yang tertulis pada gambar diatas
6. Setelah anda menginputkan NPSN, username, pasword dan captcha, maka anda dipersilahkan login.
  • Langkah ketiga adalah silahkan anda pilih dan klik menu kunci dan buat SPTJM, kemudian pilih bulan yang akan dikunci. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:




keterangan Gambar:
1. Silahkan anda pilih dan klik menu kunci dan buat SPTJM,
2.  Pilih bulan yang akan dikunci.
  • Langkah keempat adalah silahkan anda klik tombol centang yang menyatakan persetujuan dan yang menyatakan kunci hadir. Dengan menyatakan persetujuan, maka daftar hadir dibulan tersebut tidak dapat diedit kembali. Selanjutnya, silahkan anda klik menu kunci daftar hadir.


  • Setelah anda mengeklik menu kunci daftar hadir, maka system hadir GTK akan menampilkan notifikasi bahwa daftar hadir guru dan tenaga kependidikan berhasil dikunci. Dan langkah selanjutnya adalah silahkan anda klik ok. Berikut ini adalah contoh gambar notifikasi system hadir GTK terkait dengan kuncian data hadir GTK.


  • Langkah kelima adalah silahkan anda klik menu kunci daftar hadir seperti yang ditunjukkan pada anak panah digambar berikut:


setelah anda klik, maka nantinya system akan memperlihatkan notifikasi bahwa daftar hadir guru dan tenaga kependidikan disekolah anda sudah dibuat dan dikunci, berikut ini adalah contoh notifikasi dari system mengenai kuncian daftar hadir:



  • Langkah terakhir adalah silahkan anda cetak SPTJM melalui menu cetak PDF, dan hasilnya seperti gambar berikut:


Demikianlah langkah-langkah cara kunci daftar hadir dan buat SPTJM pada aplikasi daftar hadir online (DHGTK). Kami berharap langkah-langkah diatas menjadi suatu yang bermanfaat bagi anda semua.
Update tanggal 21 September 2018
Perlu diketahui bahwa langkah-langkah penguncian daftar hadir dan buat SPTJM pada aplikasi daftar hadir online (DHGTK) tahun 2018 ini adalah sama dengan langkah-langkah yang kami sebutkan diatas. Link yang digunakan untuk melakukan kuncian adalah http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »