Berbagi ilmu buat sesama

FORMAT MAKALAH PESERTA PLPG DARI PROGRAM KEAHLIAN GANDA TAHUN 2017

Posted by On 19:23:00 with No comments

Menindaklanjuti surat bernomor 25574/B.B2/GT/2017 tanggal 5 September 2017 mengenai informasi PLPG tahun 2017 dan Hasil Verifikasi peserta PLPG 2017 bagi peserta dan Instruktur Program Keahlian Ganda, bersama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menginformasikan ketentuan kegiatan pembekalan peserta Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) bagi peserta dan instruktur program Keahlian Ganda. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:
  1. Peserta Program keahlian ganda yang menjadi peserta PLPG tidak perlu mengikuti kegiatan pembekalan dengan pertimbangan program Keahlian Ganda dapat setarakan dengan pembekalan PLPG. Peserta tersebut wajib menyusun makalah sebagai pengganti laporan akhir pembekalan dan dipresentasikan pada saat pelaksanaan PLPG. Makalah diserahkan kepada panitia pada saat mengikuti PLPG untuk dinilai dan dipresentasikan kepada instruktur di hari pertama pelaksanaan PLPG. Nilai pembekalan diambil dari nilai post test setiap modul, nilai makalah dan nilai presentasi makalah yang akan menjadi bagian dari kelulusan PLPG
  2. Instruktur Program Keahlian Ganda yang menjadi peserta PLPG mengikuti ketentuan pembekalan sebagaimana peserta PLPG reguler.

surat edaran



Terkait dengan poin pertama yang menjelaskan bahwa peserta wajib menyusun makalah sebagai pengganti laporan akhir pembekalan, maka disini kami informasikan format makalah peserta PLPG dari Program Keahlian Ganda tahun 2017. 
Komposisi Makalah Peserta PLPG dari Program Keahlian Ganda tahun 2017
A. Halaman Judul
Halaman Judul harus memuat Nama Peserta, NUPTK, Nomor Peserta, Bidang Studi, Sertifikasi Sertifikasi, Asal Sekolah, dan Kabupaten/Kota/Propinsi. Berikut ini adalah contohnya:
 B. Lembar Pengesahan
 Lembar Pengesahan mencakup Nama lengkap, Nomor Peserta, NUPTK, Bidang studi sertifikasi, Asal Sekolah, Kota/Kabupaten/Propinsi, Alamat Email dan Nomor HP. Lembar pengesahan ini disahkan oleh kepala sekolah. Berikut adalah contohnya:
 C. Kata Pengantar
Adapun contoh kata pengantar makalah  PLPG Program Keahlian Ganda tahun 2017 adalah sebagai berikut:
Kata Pengantar
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan Rahmat dan Inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah PLPG Program Keahlian Ganda tahun 2017 dengan Bidang Keahlian.................
Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga Makalah PLPG Program Keahlian Ganda tahun 2017 dengan Bidang Keahlian................. ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
......................, ........................2017
Penulis

D. Daftar Isi
(sudah jelas)
E. ISI Makalah
BAB I. MATERI PEDAGOGIK
Buatlah ringksan materi dari modul yang telah Anda pelajari dan sesuai kisi-kisi PLPG dengan topik sebagai berikut.
A.    Pengembangan pendidikan karakter dan potensi peserta didik,
B.    Teori belajar,
C.    Model model pembelajaran,
D.    Media Pembelajaran, dan
E.    Evaluasi hasil belajar.

BAB II. MATERI BIDANG KEAHLIAN
Buatlah ringksan materi dari modul-modul bidang keahlian yang telah Anda pelajari dan sesuai kisi-kisi PLPG.
A.
B.
C.
Dst (menyesuaikan bahan kajian yang sesuai dengan bidang keahlian dan kisi-kisi PLPG)

BAB III. PENYELESAIAN SOAL-SOAL
Buatlah soal uraian berbasis kasus dengan level Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau level C4, C5, dan C6 untuk bidang keahlian Anda berikut penyelsaiannya minimal 5 soal.
Demikianlah informasi terkait dengan format makalah peserta PLPG dari Program keahlian ganda tahun 2017, semoga bermanfaat.  Adapun lampiran format makalah peserta PLPG dapat di unduh pada tautan berikut ini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »