Berbagi ilmu buat sesama

CARA INPUT NOMOR DAN NILAI UKG PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2018 DI TAHUN AJARAN 2017/2018

Posted by On 01:50:00 with No comments

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi terkait dengan bagaimana cara input nomor dan nilai UKG pada aplikasi Dapodik versi 2018 ditahun ajaran 2017/2018. Kami berharap bahwa informasi ini memberikan manfaat terutama bagi rekan-rekan baik pengelolah data sekolah jenjang Pendidikan dasar dan Menengah ataupun rekan guru yang sudah sertifikasi, mengingat informasi yang kami dapat bahwa menginput nomor dan nilai UKG di Aplikasi Dapodik adalah sesuatu hal sangat penting. Hal ini dikarenakan bahwa nomor dan nilai UKG yang diinputkan didapodik menjadi acuan dalam pengecekan infogtk pada aplikasi simpkb. Berikut ini informasi mengenai pentingnya menginput nomor dan nilai UKG yang kami kutip dari laman dapo.dikdasmen.go.id:
Nomor peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang terletak pada menu Nilai Test dalam Aplikasi Front End Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) harus diisi oleh guru-guru yang telah mengikuti UKG.
Nomor UKG tersebut akan digunakan sebagai acuan melihat data Info GTK pada SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Apabila dikosongkan maka guru belum dapat melakukan pengecekan data pada Layanan Info GTK yang terletak dalam laman SIMPKB, yang berkonsekuensi pada informasi layak-tidaknya memperoleh tunjangan profesi.
Sementara itu, jika nilai UKG belum diketahui, sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol).
Demikian informasi ini dibuat, dan diharapkan seluruh rekan guru dapat memberikan data yang valid kepada Operator Dapodikdasmen di masing-masing Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal)/Sekolah Induk.

Lalu bagaimankah caranya pengolah data atau operator sekolah dapat menginput nomor dan nilai UKG? Berikut kami share langkah-langkah menginput nomor dan nilai UKG pada aplikasi Dapodik versi 2018:

  • Langkah pertama adalah persiapkan data yang diperlukan untuk mengisi nomor dan nilai UKG. Data tersebut berupa tahun pelaksanaan UKG, nilai UKG dan Nomor Peserta UKG. Terkait dengan nilai UKG, jika nilainya belum diketahui, silahkan isikan dengan angka "0". Setelah data anda telah terkumpul, silahkan lanjutkan dengan langkah yang kedua. Berikut ini adalah contoh form data terkait UKG untuk entrian di dapodik 

  • Langkah kedua adalah silahkan anda login pada aplikasi dapodik dengan menggunakan user dan password dapodik. Langkah ini hanya bisa dilakukan oleh pengolah data /operator sekolah.

  • Langkah yang ketiga adalah silahkan anda pilih dan klik menu GTK, pilih sub tab menu guru, dan silahkan pilih nama guru, lalu pilih menu ubah. Berikut kami contohkan dalam gambar:
  • Langkah yang keempat adalah silahkan anda pilih menu nilai test, lalu pilih menu tambah dan kemudian inputkan data nilai test UKG beserta no pesertanya. Anda dapat melihat langkahnya seperti gambar berikut:




  • Langkah terakhir adalah simpan data dengan mengeklik tombol data simpan.
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara input nilai UKG/PKB pada aplikasi dapodik versi 2018, semoga bermanfaat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »