Berbagi ilmu buat sesama

CARA CEPAT BUKA INFO GTK PADA SIM PKB (https://app.simpkb.id/) DI LAPTOP ATAU PC

Posted by On 01:51:00 with No comments



Baru-baru ini kita disibukkan dengan kegiatan menelusuri data info GTK melalui laman SIMPKB. Ada yang sukses membuka info GTK dengan cepat, ada juga mengalami kendala dalam proses membuka data info GTK. Sering juga kita menjumpai proses membuka info GTK seperti yang kami contohkan pada gambar diatas. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai, "Bagaimanakah caranya membuka info GTK dengan cepat dengan menggunakan media laptop atau PC? Berikut informasinya untuk anda:
  • Langkah pertama adalah memastikan jaringan internet diwilayah anda stabil terlebih dahulu. Cara mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan program command prompt atau yang kita kenal dengan CMD. Caranya adalah silahkan anda tekan tombol (windows + R) kemudian masukkan perintah ping 8.8.8.8 -t atau ping google.com -t lalu tekan enter untuk melihat kesetabilan internet anda. Untuk lebih detailnya silahkan anda baca penjelasan atas notifikasi yang timbul setelah anda melakukan ping 8.8.8.8 -t atau ping google.com -t 
    • Notifikasi yang pertama adalah setelah anda buka cmd lalu ketik ping 8.8.8.8 -t dan enter, anda akan menjumpai tampilan replay from 8.8.8.8: bytes=32 time 2198ms TTL=56, kami yakin jaringan anda dalam kondisi stabil. Nominal dari time bisa berubah-ubah tergantung dengan kondisi jaringan internet diwilayah anda. Berikut ini adalah contoh gambarnya:

    • Notifikasi yang kedua adalah adalah setelah anda buka cmd lalu ketik ping 8.8.8.8 -t dan enter, anda bisa juga menjumpai notifikasi general failure. Notifikasi ini menunjukkan bahwa laptop atau PC anda belum terkoneksi dengan internet. Atau bisa juga laptop atau PC anda kehilangan jaringan internet. Sebagai solusinya adalah pastikan untuk menyambungkan kembali dengan internet baik itu melalui speedy atau provider layanan internet yang lain. Perhatikan gambar berikut:

    • Notifikasi yang ketiga adalah adalah setelah anda buka cmd lalu ketik ping 8.8.8.8 -t dan enter, anda bisa menjumpai notifikasi request time out (RTO). Notifikasi ini menunjukkan bahwa tidak ada jaringan data/internet diwilayah anda. Berikut ini adalah contohnya:
  • Langkah berikutnya adalah silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:
A. Bagi anda Pengguna web browser Mozilla firefox
Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda buka mozilla, lalu tekan ctrl + shift + A untuk membuka menu pengelola pengaya atau yang kita kenal dengan istilah AddOns.
  • Silahkan anda ketik Anonymox pada tombol pencarian lalu tekan enter dan kemudian instal Addons tersebut. Untuk detailnya, silahkan  lakukan langkah-langkah seperti yang kami contohkan pada gambar berikut ini:
  • Langkah berikutnya adalah silahkan restart firefox anda 
  • Ketik alamat Sim PKB lalu silahkan login dengan menggunakan user PTK yang berupa nomor UKG dan passwordnya masing-masing PTK disekolah anda. 
  • Silahkan scroll ke bawah dan klik layanan info GTK. 
B. Bagi anda pengguna web browser Chrome
Langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda kunjungi link ini https://chrome.google.com/webstore/search/anonymox
  • Selanjutnya, anda akan menjumpai pemberitahuan untuk memasang Anonymox ke google chrome, kemudian klik tambahkan ke chrome
  • Kemudian akan muncul pemberitahuan klik saja tambahkan ekstensi
  • Langkah berikutnya adalah cek dipojok kanan atas browser google chrome-nya, jika sudah ada klik ikon tersebut untuk mengaktifkannya klik tombol off maka otomatis akan ON. 
  • Selanjutnya adalah silahkan anda Ketik alamat Sim PKB pada address bar google chrome lalu silahkan login dengan menggunakan user PTK yang berupa nomor UKG dan passwordnya masing-masing PTK disekolah anda. 
  • Silahkan scroll ke bawah dan klik layanan info GTK

Demikianlah langkah-langkah cara cepat buka info GTK pada Sim PKB pada laptop atau PC.  Namun apabila anda gagal setelah melakukan langkah-langkah ini, kami menganjurkan agar anda menggunakan media HP untuk membuka info GTK. Bagi anda yang memiliki langkah-langkah yang lain dikarenakan langkah-langkah diatas tidak berhasil, mohon beri masukan kepada kami, sehingga kami bisa menginformasi kepada teman-teman kita yang lain.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »