Berbagi ilmu buat sesama

LIMA LANGKAH MENGERJAKAN PMP VERSI 2.0 TAHUN 2017 DENGAN BANYAK LAPTOP

Posted by On 01:34:00 with No comments


Input data Pemetaan Mutu Pendidikan pada aplikasi PMP versi 2.0 melibatkan sejumlah warga sekolah sebagai responden yang bertugas memberikan data dan informasi pada level sekolah seperti kepala sekolah, perwakilan guru, perwakilan siswa, perwakilan komite sekolah serta pengawas pembina. 
Dalam proses input data mutu, tentunya sekolah akan dibantu oleh oleh petugas pemetaan mutu atau operator dapodik yang pastinya dilibatkan untuk membantu sekolah dalam merekam dan mengirim data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi tersebut. Ada beberapa cara yang mungkin operator dapat lakukan dalam merekam data dan informasi pemetaan mutu. Cara pertama adalah operator dapat menginput satu persatu jawaban dari responden kedalam aplikasi, cara kedua adalah operator dapat berkoordinasi dengan masing-masing responden untuk menginput data pemetaan mutu di laptop operator itu sendiri, dan cara yang ketiga adalah menginput data pemetaan mutu dalam satu jaringan. 
Berkaitan dengan cara perekaman data mutu di aplikasi PMP versi 2.0, dibawah ini kami informasikan trik mengerjakan PMP versi 2.0 tahun 2017 dalam jaringan. Trik ini diharapkan dapat mempermudah sistem kerja petugas pemetaan mutu atau operator dapodik. Berikut langkah-langkahnya:
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menonaktifkan terlebih dahulu window firewall pada laptop yang akan kita jadikan sebagai client. Langkah ini harus dilakukan agar koneksi antara laptop client dan server tidak mengalami gangguan. Lalu bagaimanakah caranya menonaktifkan windows firewall pada laptop kita? Berikut ini kami sampaikan juga langkah-langkahnya:
  • klik start
  • klik kontrol panel 

  • langkah berikutnya adalah klik system and security, lalu pilih dan klik windows firewall-nya. sehingga tampilannya sama seperti gambar dibawah ini:

  •  langkah selanjutnya adalah pilih dan klik turn windows firewall on or off yang terletak di sisi sebelah kiri untuk menampilkan form pilihan pengaturan windows firewall. Perhatikan gambar-gambar berikut ini:
    • Gambar 1 menunjukan menu pilihan dari turn windows firewall on or off
    • Gambar 2 menunjukkan form pilihan pengaturan windows firewall. Private network setting dipergunakan untuk jaringan pribadi atau LAN, sedangkan Public network settings digunakan untuk jaringan umum yang terkomunikasi dengan jaringan internet. Pada sesi ini, silahkan anda pilih turn off windows firewall untuk private network setting dan turn off windows firewall untuk public network setting
 

2. Langkah kedua adalah dengan mengaktifkan tehtering smartphone anda. Lalu kemudian koneksikan tehtering smartphone anda ke laptop yang nantinya dijadikan sebagai server dan laptop yang nantinya dijadikan sebagai komputer client. Diharapkan Aplikasi PMP versi 2.0 sudah terinstal di laptop server, sementara untuk laptop yang berfungsi sebagai client tidak perlu diinstalkan aplikasinya. 






3. Langkah ketiga adalah silahkan anda buka program commad prompt atau yang kita kenal dengan program CMD pada laptop yang dijadikan sebagai server. Anda dapat membuka CMD melalu tombol keyboard berupa tombol windows + R, lalu ketik cmd kemudian klik ok.



4. Langkah keempat adalah ketik ipconfig pada program cmd, kemudian catat IPv4 Addressnya. Alamat ini nantinya digunakan sebagai alamat url PMP di laptop client.




Keterangan Gambar:

1. Gambar No. 1, silahkan anda ketik "ipconfig" tanpa tanda petik
2. Gambar No. 2, silahkan anda catat alamat IPv4 Addressnya. Dalam hal ini, alamat IPv4 Address dari server kami adalah 192.168.1.113


5. Langkah kelima adalah silahkan anda buka browser pada laptop yang anda jadikan sebagai client. lalu entrikan IPv4 Adress yang diperoleh dari laptop server dengan menambahkan :1745, lalu tekan enter. Berikut kami contohkan penulisannya pada browser yang kami gunakan:




 sebagai hasilnya, silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini:


Demikianlah informasi terkait lima langkah mengerjakan PMP versi 2.0 tahun 2017 dengan banyak laptop. Semoga bermanfaat bagi semua.

    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »