Berbagi ilmu buat sesama

PANDUAN DAN APLIKASI DAPODIK PAUD VERSI 3.1.0 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Posted by On 11:38:00 with No comments

Aplikasi Paud Dikmas Versi 3.1.0 telah rilis, itu berarti operator Jenjang Paud Dikmas sudah mulai bekerja ekstra guna pengentrian data peserta didik baru. Tentunya terdapat beberapa proses persiapan yang harus dilakukan oleh operator dalam menyambut aplikasi baru ini. Mulai dari proses pelepasan aplikasi atau dikenal dengan uninstal aplikasi hingga proses pengisian data berakhir. Proses tersebut harus dilakukan dengan benar sehingga diharapkan tidak timbul kendala nantinya di dalam pengentrian data peserta didik.
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator jenjang Paud Dikmas terkait dengan rilisnya aplikasi Paud Dikmas Veris 3.1.0. Hal tersebut terangkum dalam panduan yang akan kami deskripsikan sebagai berikut:
  • Uninstal Program
Sebelum melakukan proses instalasi program Dapodik Versi 3.1.0 ini, Operator wajib melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi versi sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan agar tidak membuat cacat aplikasi yang baru.
  • Unduh/download Installer Aplikasi
Operator wajib mempersiapkan aplikasi Dapodik Paud Dikmas yang terbaru pada laman https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id atau bisa juga mengunduh pada tautan berikut ini
  • Update Web Browser
Operator sebaiknya menggunakan web browser yang up to date. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kendala yang timbul terhadap aplikasi akibat tidak update nya web browser yang digunakan. Ada beberapa web browser yang dapat digunakan oleh operator diantaranya google chrome, mozilla firefox. Kedua web browser ini layak digunakan bersamaan dengan aplikasi dapodik Paud Dikmas Versi 3.1.0. 
  • Lakukan Penghapusan Riwayat Penelusuran (clearing history browser)
Operator dapat melakukan penghapusan riwayat penelusuran melalui tombol setting pada masing-masing web browser yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja dari komputer kita tetap terjaga. Adapun caranya adalah 1). Buka web browser, 2). Tekan tombol pada keyboard "ctrl + H". 3). Klik clear browsing data, 4). Pilih "the beginning of time" kemudian centang data penelusuran  yang akan dihapus dan terakhir 5). Klik clear browsing data 
  •  Lakukan Instalasi Aplikasi
 Untuk memudahkan operator menginstall Aplikasi, pastikan dulu ukuran file dari aplikasi dapodik paud versi 3.1.0 ini. Ukuran filenya adalah 79.00 MB. Setelah dipastikan ukuran filenya, operator dapat langsung menginstall aplikasi hingga proses selesai. 
  • Lakukan Proses Registrasi 
Perlu diingat bahwa proses registrasi aplikasi tahun ajaran 2017/2018 ini dibatasi hanya untuk satu laptop dan atau satu komputer saja. Hal ini dilakukan  untuk mencegah terjadinya data ganda akibat sinkronisasi dari dua atau lebih laptop ataupun komputer. Laptop ataupun komputer yang sudah diregistrasikan akan dikunci di server. Apabila operator ingin melakukan pendataan melalui laptop atau komputer yang berbeda, maka operator tersebut harus menghubungi dinas guna reset registrasi. 
  • Login dan Olah Data
Langkah berikutnya setelah proses registrasi selesai, operator dapat login dengan menggunakan usernya masing-masing. Ketika login berhasil, operator dapat melanjutkan kerja mengolah data baru dari peserta didik baru. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan didalam mengolah data dapodik paud ini. Hal tersebut adalah:
1. Luluskan peserta didik 
Untuk meluluskan peserta didik, operator dapat menggunakan sub tab menu aksi luluskan PD tingkat akhir di menu rombongan belajar.
2. Salin Penugasan PTK pada semester yang lalu
Untuk melakukan salin penugasan PTK pada semester yang lalu, operator dapat menggunakan sub tab menu salin penugasan pada menu GTK
3. Lanjutkan data periodik peserta didik 
 Untuk melanjutkan data periodik peserta didik, operator dapat menggunakan sub tab menu salin data periodik
4. Input data peserta didik baru
Menu input data peserta didik baru ada pada tombol tambah di menu peserta didik
5. Membuat rombel dan
6. Isi anggota rombel dan pembelajaran
Demikanlah informasi terkait panduan singkat dan aplikasi dapodik paud versi 3.1.0. Mudah-mudahan panduan ini membawa banyak manfaat buat semua. Sebagai catatan, batas sinkronsisasi aplikasi dapodik PAUD pada semester ini adalah hingga akhir november 2017. Masih ada jenjang waktu yang agak lama untuk pengerjaannya. Untuk itu, diharapkan operator jenjang PAUD Dikmas benar-benar menginput data yang akurat dan valid, sehingga pada jenjang berikutnya tidak terdapat banyak kesalahan data.


 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »