Berbagi ilmu buat sesama

CARA EDIT/UBAH UPLOAD PHOTO PADA PROFIL AKUN SIM PKB TAHUN 2017

Posted by On 19:42:00 with No comments


SIM PKB atau Sistim Aplikasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya demi mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampuh oleh guru yang bersangkutan. Program ini ditujukan kepada guru dengan kriteria sebagai berikut:
  • Profil hasil UKG menunjukkan ada 3 (tiga)-10 (sepuluh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM, yaitu 65. Apabila guru tersebut belum melaksanakan UKG atau sudah melaksanakan UKG tetapi dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan untuk melaksanakan tes awal dengan memakai sistem UKG.
  • Guru sudah terdaftar didalam Komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB)
  • Guru berada didaerah yang mempunyai akses jaringan internet (Khusus bagi peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring Kombinasi)
  • Guru bersedia melakukan melakukan kegiatan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Sebab dalam program ini, Peserta harus menyelesaikan setidaknya 2 kelompok kompetensi yang memiliki nilai paling rendah didalam satu tahun program berjalan atau 2 modul prioritas yang telah ditentukan dengan menggunakan moda yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara program SIM PKB dalam kurun waktu 1 (satu)tahun. 
terkait dengan program ini, Guru yang sudah terdaftar dapat melakukan pemutahiran data diri. Salah satunya adalah dengan melakukan pemutahiran data photo porfil nya masing-masing. lalu bagaimana caranya? Berikut kami share langkah-langkah mengubah/edit/upload photo pada profil akun SIM PKB 2017:
  • Siapkan Pas Photo anda dengan size (ukuran) yang diterima oleh aplikasi SIM PKB. Ukuran maksimal yang diterima oleh SIM PKB adalah 250x250 pixel atau 100kb. Jika Pas Photo anda ternyata lebih besar ukurannya, maka resize lah photo anda dengan menggunakan aplikasi MsOffice Picture Manager atau paint dengan ukuran dibawah 250x 250 pixel atau 100kb
  • Langkah pertama adalah login dengan menggunakan username dan password aplikas SIM PKB yang diperoleh dari ketua komunitasnya pada laman https://paspor.simpkb.id. Dalam hal ini untuk  Username berupa No. UKG sementara password berupa kombinasi huruf dan angka atau huruf saja.
  • setelah berhasil login, silahkan klik menu "Profilku". Pada menu ini anda akan menjumpai beberapa Sub Menu Kelola Profilku diantaranya: (1) Sub Menu Profilku berfungsi untuk mengubah atau Upload Photo anda (2) Sub Menu Data Kontak berisikan data email dan No telp anda (3) Sub Menu Data Kepegawaian berisikan data kepegawaian yang meliputi NUPTK, NIP, Statu pegawai, Pangkat/Gol, kualifikasi, Jenjang dan no UKG (4) Sub Menu Data Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) memuat data instansi tempat anda bekerja (5) Sub Menu data Mapel memuat data mapel yang anda ampuh (6) Sub Menu data Komunitas memuat data komunitas anda dan (7) Data Kependudukan memuat data NIK, tanggal lahir, usia dan jenis kelamin anda. Terkait dengan mengubah/edit/upload photo, maka Sub Menu yang anda pilih adalah Sub Menu Profilku dengan mengeklik tanda pensil. 
  • Silahkan anda pilih file yang tersimpan dalam perangkat anda baik itu komputer ataupun HP anda. Catatan: file berukuran maksimal 250x250 pixel atau 100kb
  • Setelah anda selesai memilih, silahkan klik simpan untuk melakukan perubahan. 
Demikianlah informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi semua. Untuk mempermudah anda memahami cara upload/edit/ubah Photo pada SIM PKB, berikut kami lampirkan penjelasan dalam bentuk gambar. Link unduhan dapat diklik pada tautan dibawah ini:
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »