Berbagi ilmu buat sesama

BERIKUT CARA INPUT NILAI RAPOR, US DAN USBN PADA APLIKASI DAPODIK 2017-B

Posted by On 18:37:00 with No comments

Dalam rangka meningkatkan kualitas data Dapodik, maka aplikasi Dapodik selalu mengalami perbaikan dan penyempurnaan. Tim Dapodik Pusat selalu berinovasi mengembangkan fitur-fitur yang senantiasa dapat mengakomodir kebutuhan data yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan layanan terhadap segenap stakeholder Pendidikan ditingkat pusat maupun daerah. Dan kini telah rilis Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017 yaitu versi 2017b.
Hal terbaru dari aplikasi Dapodik v. 2017b ini adalah adanya penambahan fitur input nilai Rapor, Nilai Ujian Sekolah dan Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Nilai ini nantinya akan diinput oleh guru dengan bantuan operator sekolah. Operator sekolah nantinya berperan didalam me-manage pengaturan akun guru masing-masing mata pelajaran, menentukan mata pelajaran evaluasi serta menentukan nomor urut mata pelajaran evaluasi. Selanjutnya tugas guru adalah menginput data nilai rapor, menginput data nilai Ujian Sekolah/ Ujian Sekolah Berstandar Nasional serta bertanggung jawab terhadap kebenaran dan kelengkapan data nilai siswa, serta mengunci data nilai siswa jika dirasa sudah benar dan valid. Guru memiliki peran yang lebih dalam penginputan nilai, hal tersebut dikarenakan guru mengetahui proses pembelajarannya didalam kelas. 
A. Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2017b
Updating Aplikasi versi 2017b dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
  • Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Updating Aplikasi yang telah tersedia diaplikasi tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah:
    • Silahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Dapodik yang sudah terinstal di komputer dengan menggunakan user dan pasword Dapodik Anda. 
    • Pilih salah satu menu tab dengan nama tab-nya adalah pengaturan. Pada tombol tab pengaturan lalu pilih tombol Cek Pembaruan Aplikasi. Pada tombol pengaturan terdapat beberapa pilihan diantaranya:
      • Manajemen pengguna: Tombol ini digunakan untuk membuka menu pengolahan pengguna aplikasi.
      • Pengaturan Aplikasi: Tombol ini berfungsi sebagai pengaturan terhadap aplikasi itu sendiri dalam hal menginformasikan kepada user aplikasi untuk melakukan cek pembaruan otomatis atau manual.
      • Cek Pembaruan Aplikasi: Tombol ini yang selalu operator gunakan guna melihat ketersediaan pembaruan aplikasi 
      • Data Prefil Rapor: Tombol ini adalah fitur tambahan dari Aplikasi Dapodik 2017b yang digunakan untuk memasukkan data prefil rapor dari semester terdahulu.
  • Cara yang kedua adalah dengan menginstal patch Aplikasi Dapodik 2017b. Bagi yang belum mendapatkan, bisa berkunjung langsung ke laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-2017b. Atau bila anda berkenan, silahkan unduh file updater yang sudah kami unduh sebelumnya disini lalu install patch/updater tersebut ke komputer anda yang sudah terinstal aplikasi dapodik sebelumnya. Cara ini ditempuh, apabila mengalami kendala untuk melakukan pembaruan secara otomatis pada aplikasi dapodik.
  • Cara yang ketiga adalah dengan menginstal aplikasi Dapodik yang fresh pada komputer anda. Bagi anda yang tidak memiliki installer aplikasi dapodik, silahkan kunjungi pada laman ini : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan atau anda bisa unduh installer dapodik yang sudah kami unduh sebelumnya disini, lalu instal installer dapodik tersebut ke komputer anda. Langkahnya sama dengan langkah ketika anda pertama kali menginstal dapodik. 
B. Memastikan Fitur Nilai tampil pada Aplikasi Dapodik  2017b
Kendala yang sering dialami oleh operator adalah tidak tampilnya menu nilai pada Aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan operator tidak menjalankan step by step panduan yang sudah disediakan oleh tim dapodik. Ada baiknya Operator memahami dulu panduannya, lalu lakukan penginnstalan. Bagi anda yang tupoksinya sebagai operator dan tidak memiliki panduannya, silahkan anda unduh disini. Untuk memastikan fitur nilai rapor tampil, ada baiknya setelah melakukan pembaruan, anda melakukan generate prefile rapor. Langkahnya, silahkan anda kunjungi laman ini: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan lalu pilih data prefill dan lalu pilih salah satu link data prefil rapor, lalu generate prefil dengan menggunakan user sekolah anda sendiri ( biasanya yang diisi adalah jenjang, kode registrasi, user dan pasword). Lalu bagaimana jika link untuk prefil nilai rapor tidak tampil di web browser? langkahnya adalah dengan mengganti browser anda dengan browser yang lain, misalnya Anda mengunjungi laman link prefil dengan menggunakan web browser mozilla, kemudian tidak tampil, maka silahkan anda coba membukanya dengan menggunakan google chrome. 
setelah kita download prefil nilai rapor, silahkan tempatkan file prefil nilai rapor anda di Data C dengan folder prefill_Dapodik. Lalu langkah berikutnya adalah silahkan anda buka aplikasi dapodik anda, lalu klik tombol pengaturan kemudian pilih prefil Rapor sehingga tampil kotak isian berupa permintaan input kode registrasi, username dapodik, pasword dapodik serta konfirmasi pasword, lalu klik tombol masukkan data. Tunggu hingga proses selesai. Sebagai catatan; Prefil Nilai rapor berguna untuk memunculkan data nama, pembelajaran serta form nilai pada tahun ajaran sebelumnya. Jika anda melakukan pembaruan, tetapi tidak menggunakan prefil rapor, maka kami asumsikan bahwa anda tidak akan bisa menambahkan mata evaluasi rapor, US dan USBN pada tahun ajaran sebelumnya yaitu 2014/2015 dan 2015/2016. 
Nah, Jika langkah langkah diatas sudah dilakukan tetapi masih tidak tampil, saran kami adalah anda membersihkan riwayat penjelajahan (history browser) pada browser anda, lalu coba pindah browser ke browser yang lain, jika setelah dibersihkan masih alami kendala tidak tampil, silahkan ganti browsernya dengan browser yang lain.
C. Cara membuat Akun Guru
Akun ini menjadi sangat penting agar guru bisa terlibat dalam proses entri data nilai rapor kedalam aplikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah:
  • Silahkan Anda pilih salah satu Guru pada menu GTK di aplikasi dapodik
  • Pilih tab menu Ubah
  • Masukkan Email PTK pada data rinci PTK. Letaknya terletak pada bagian bawah data rinci PTK. Email yang diinput haruslah email yang masih aktif.
  • lalu Simpan
bagi PTK yang hendak melakukan perubahan pasword terhadap email, maka langkah langkahnya sebagai berikut:
  • silahkan Anda pilih salah satu gur pada menu GTK di aplikasi dapodik
  • pilih menu penugasan guna menampilkan data penugasan serta data buat atau ubah akun PTK
  • entri pasword yang baru 
  • konfirmasi pasword yang baru 
  • pilih simpan
D. Setting Mata Evaluasi Rapor dan US/USBN di Aplikasi Dapodik 2017b
Salah satu tugas operator terkait dengan Aplikasi dapodik 2017b adalah menyiapkan Nama Mata Evaluasi. Langkah-langkahnya adalah:
  • Pilih fitur rapor pada aplikasi dapodik guna memunculkan tabel Mata evaluasi Rapor dan Tabel Nilai rapor pada masing-masing tahun ajaran dan masing-masing rombel.
  • Pilih tahun pelajaran dan semester yang akan diinput. Prioritaskan input nilai semester ganjil tahun ajaran 2016/2017
  •  Pilih kelas dan rombel yang akan dibuat lalu tekan tombol tambah sehingga tampil nama mata evaluasi 
  • Pilih dan klik dua kali mata pelajaran evaluasi, selanjutnya isikan nomor urut pada bagian bawah. Nomor urut disesuaikan dengan form urutan dirapor siswa
  • Tekan tombol simpan dan tutup, selanjutnya nama mata pelajaran akan tersimpan dan tampil pada fitur rapor.  
  • Langkah berikutnya adalah silahkan kembali ke menu US/USBN
  • Pilih kelas dan rombel yang akan dibuat mata pelajarannya seperti halnya dengan cara membuat mata pelajaran pada fitur rapor diatas. Sebagai catatan, pada menu atau fitur ini tidak ada pilihan semester.
E. Mengakfitkan Menu Input Nilai Pada Aplikasi Dapodik 2017b
Untuk mengaktifkan menu input nilai pada aplikasi dapodik 2017b adalah dengan meng-click dua kali tombol mouse yang sudah diarahkan pada salah satu mata pelajaran yang dipilih. 
F. Mengentri nilai rapor yang dilakukan oleh Guru
Berdasarkan penjelasan sebelumnya bahwa tugas mengentri rapor adalah guru, untuk itu guru dipersilahkan mengentri nilainya melalui akun mereka masing-masing. Lalu, bagaimanakah caranya mengentri nilai dengan jumlah guru yang banyak. Untuk itu, perlu disiapkan sebuah jaringan yang dapat mengcover keseluruhannya. Jaringan bisa dibagi  menjadi dua opsi, bisa melalui jaringan LAN atau juga dapat melalui jaringan wireless. Untuk jaringan LAN, upayakan komputer server sudah di set sehingga terkoneksi dengan komputer client. Gunakan IP Address statis sehingga memungkinkan komputer client membaca data dari komputer server. Lalu, silahkan set browser pada masing-masing komputer client dengan menggunakan ip adress server:5774 (contoh : 192.168.0.201:5774). Diharapkan dengan menggunakan sistem ini kerja operator lebih cepat.
lalu bagaimana cara LOGIN GURU? setelah jaringan sudah terkoneksi dengan baik, silahkan lakukan langkah berikut ini:
  • silahkan login dengan menggunakan akun guru dengan menggunakan user yang bersangkutan
  • pilih menu nilai pada menu beranda ptk yang terletak disebelah kiri lalu klik fitur rapor
  • pilih semester yang akan disi beserta kelas dan rombelnya maka akan tampil daftar pelajaran
  • pilih salah satu mata pelajaran yang diampuh lalu klik dua kali sehingga data siswa akan aktif pada kolom sebalah kanan. Pada kolom inilah guru dapat menginput nilai. Setelah nilai sudah terentri, silahkan klik simpan yang terletak pada bagian atas.      
demikianlah cara input nilai rapor, US dan USBN pada aplikasi dapodik 2017b, semoga bermanfaat.
 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »