Berbagi ilmu buat sesama

DOWNLOAD PEDOMAN INOBEL GURU SD, SMP DAN SMA TAHUN 2017

Posted by On 21:56:00 with No comments

 
Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik termasuk peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas. Agar guru pada Jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK dapat melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SD, SMP, dan SMA/SMK wajib melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.
Sejatinya, upaya peningkatan mutu pendidikan di SD, SMP, dan SMA/SMK dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya, yaitu melalui perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) bagi guru tersebut. Pelaksanaan perlombaan tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD, SMP, dan SMA/SMK, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru SD, SMP, dan SMA/SMK dalam peningkatan mutu pembelajaran.
Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, tim penilai/juri, satuan pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien. Bagi yang hendak mencoba, silahkan download pedoman tersebut pada tautan dibawah ini:

adapun ruang lingkup peserta yang boleh ikut lomba adalah
Untuk Guru SD
Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 3 bidang lomba, yaitu: 
  1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, menggunakan kode MIPA. 
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial, PPKn, dan Bahasa Indonesia, menggunakan kode IPSPB. 
  3. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan Muatan Lokal, menggunakan kode SORAM.
untuk Guru SMP
Perlombaan Karya Inobel Guru SMP ditujukan untuk guru dalam 3 bidang lomba yaitu:
  1. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan kode MIPA
  2. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi dibidang IPS,PPKn, Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) menggunakan kode IPSPB
  3.  Guru mata pelajran yang melakukan inovasi di bidang seni budaya, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (penjasorkes), prakarya, pendidikan agama dan budi pekerti, muatan lokal dan BK yang melakukan inovasi dibidangnya menggunakan kode SORAK
untuk Guru SMA  
  1. Peserta adalah Guru SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta yang masih aktif, memiliki NUPTK dan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
  2. Peserta belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Guru SMA dan SMK Berprestasi Tingkat Nasional, Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa, Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2014, 2015, atau 2016.
  3. Proposal dalam bentuk pdf dan dikirim melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
  4. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (tidak boleh penelitian skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian yang telah dipublikasikan sebelum kegiatan ini).
  5. Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
  6. Proposal yang dikirimkan kepada Panitia tingkat nasional belum pernah diikutkan dalam berbagai lomba.
  7. Proposal yang dikirim bukan merupakan hasil penelitian skripsi, tesis, atau disertasi.
  8. Metode penelitian yang digunakan dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimental, atau Penelitian dan Pengembangan (R&D) (lihat ketentuan penulisan proposal).
  9. Proposal penelitian yang dikirimkan harus memenuhi sistematika penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
  10. Mengirimkan proposal secara online sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh Panitia.
  11. Karya inovasi harus asli (betul-betul dibuat sendiri oleh peserta dan bukan plagiat).
  12. Jumlah halaman proposal maksimum 20 (duapuluh) halaman tidak termasuk lampiran.
  13. Apabila ada dokumen pendukung dalam bentuk video pembelajaran dapat di email ke kesharlindung.dikmen@gmail.com (video berdurasi maksimal 20 menit)
 demikianlah informasi ini kami berikan, semoga saja dapat memberikan manfaat buat rekan-rekan semua. Untuk informasi yang lebih detail mengenai Inobel, silahkan unduh pedomannya pada tautan yang sudah kami berikan. Terimakasih..
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »