Berbagi ilmu buat sesama

DOWNLOAD PETUNJUK PELAKSANAAN OSN SMP 2017

Posted by On 20:30:00 with No comments



Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional atau yang dikenal dengan OSN bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. 
Persyaratan Peserta
Kegiatan OSN tahun 2017 terbuka untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta,  atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  • Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
  • Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat , kelas VII atau kelas VIII  pada saat mengikuti lomba.
  • Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  • Memiliki nilai rapor sej ak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  • Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  • Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
  • Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.
 Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OSN dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan mekanisme sebagai berikut.
  • Tingkat sekolah: mekanisme seleksi ditentukan berdasarkan dua pilihan mekanisme seleksi yang telah diatur pada bab III buku petunjuk pelaksanaan OSN.
  • Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis.
  • Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan tes eksperi men untuk IPA serta tes teori dan praktikum untuk IPS. 
Tahap Pelaksanaan Lomba
Lomba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu:
1.  Tahap I   : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
2.  Tahap II  : Lomba tingkat kabupaten/kota
3.  Tahap III : Lomba tingkat provinsi
4.  Tahap IV : Lomba tingkat nasional
Hadiah dan Penghargaan
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Para pemenang tingkat nasional diberi hadiah dan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sedangkan medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang yaitu: 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Sedangkan untuk bidang IPA penambahan Trophy (Best theory dan best experiment).
untuk informasi selanjutnya, silahkan unduh disini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »