Berbagi ilmu buat sesama

CARA CEK DAFTAR CALON PENERIMA NUPTK PADA VERVAL GTK 2016

Posted by On 01:56:00 with No comments

NUPTK atau yang kita kenal dengan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh seorang pendidik dan tenaga kependidikan. NUPTK merupakan nomor identitas resmi yang digunakan untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri. 
Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka terdapat beberapa prasyarat sebagai ketentuan penerbitan NUPTK. Prasyarat tersebut diantaranya dapat dilihat pada gambar berikut:
Namun, Terlepas Dari Prasyarat Administratif tersebut diatas,  terdapat Prosedur Teknis Aplikasi/Persyaratan Teknis Aplikasi Verval PTK Dimana Proses Pemberiaan NUPTK Baru memiliki serangkaian proses yang masing-masing proses terdapat Fungsi-Fungsi tertentu Pada aplikasi Verval PTK agar data Memiliki VALIDITAS yang baik. Diantaranya :
Pihak ADMIN PDSPK Melakukan Proses KANDIDAT/VALIDASI CALON : Dimana Proses nya Adalah : Memastikan Data PTK/NUPTK dari DAPODIK Apakah VALID Atau INVALID.
Jika Diketahui INVALID, apakah penyebabnya dikarenakan Operator Sekolah Salah mengentrykan ATRIBUT DATA, ataukah memang INVALID Tersebut Disebabkan PTK Belum Memiliki NUPTK?
JIka Memang INVALID Disebabkan Oleh PTK bersangkutan Belum Memiliki NUPTK Maka Proses Selanjutnya ADMIN PDSPK Akan Melakukan Pemilihan/Memasukan DATA Tersebut Sebagai KANDIDAT/CALON (Proses System/Fungsi Aplikasi). barulah Data Tersebut Akan Masuk Kedalam Database VERVAL PTK Masing-Masing Sekolah, Untuk DiProses Oleh OPS Dengan Verifikasi Berkas PERSYARATAN ADMINISTRASI. atau Bisa Jadi Proses PEMBERIAN NUPTK baru Sudah Mempertimbangkan RASIO SEBARAN Kebutuhan/Kekurangan Guru Di Masing-Masing Wilayah. Baca Juga Info tentang Penerbitan NUPTK Baru 2016
Lalu bagaimana cara melihat Daftar dan Calon Penerima NUPTK pada verval GTK? berikut ini langkah-langkahnya:
1. Silahkan login ke laman verval GTK disini dengan menggunakan username dan pasword yang sudah terdaftar di SDM PDSPK kemdikbud. 

2. Biarkan prosesnya berjalan, dan nantinya anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. 

Keterangan Gambar: Gambar 1 adalah Penerima NUPTK baru berdasarkan Rasio Sebaran Kebutuhan Guru dimasing-masing wilayah, Gambar 2 adalah Calon penerima NUPTK yang nantinya diproses oleh OPS dengan verifikasi berkas administratif

Nah, itu lah cara melihat calon penerima NUPTK pada verval GTK.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »