Berbagi ilmu buat sesama

Trik Atasi PMP 1.4 tidak Terhubung Dapodik

Posted by On 05:36:00 with No comments

Sahabat "Pejuang Data" yang budiman. Terimakasih karena sudah mampir ke situs ini. Kali ini saya mau berbagi pengalaman dengan sobat semua terkait dengan Permasalahan PMP yang tidak terhubung dengan dapodik. 
Setelah lahir varian PMP yang terbaru yaitu 1.4, kita para "Pejuang Data" berharap bahwa bug eror pada varian sebelumnya teratasi dengan baik. Semua isian pada aplikasi tidak mengalami eror, terlebih lagi proses membaca data questionair tidak memakan waktu yang cukup lama. 
Varian PMP versi 1.4 ini mempermudah "pejuang data" untuk melakukan proses kirim data. Tanpa ragu ragu lagi, cukup 1 responden dari PTK dan PD yang bisa digunakan untuk kirim data. Hanya saja, dalam proses pengerjaannya,  jika sudah memulai mengerjakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka WAJIB menyelesaikan hingga selesai, lalu konfirmasi isiannya. Ini berbeda jauh dengan varian 1.3, sebab pada varian ini, kita harus mengerjakan semua target responden yang membuat ribet para pejuang data.
Berdasarkan gambaran diatas, kini para "pejuang data" berbondong bondong instal ulang (inul) PMPnya dari varian 1.3 ke 1.4 dan ada juga instal ulang dari varian 1.2 ke 1.4. Tanpa membaca manual book (katakanlah petunjuk manualnya), hal ini menjadikan "pejuang data" misunderstanding. Sehingga ketika selesai Instal Ulang, aplikasi tidak terhubung dengan dapodik, perhatikan gambar berikut ini
Pada gambar diatas, terlihat jelas, aplikasi tidak terhubung dengan dapodik. Lalu bagaimanakah mengatasinya?
Jika terjadi maslah diatas, maka langkah yang bisa saya berikan adalah instal ulang aplikasinya dengan menggunakan installer dan bukan patch nya. Sebelum menginstal ulang, upayakan uninstal dulu aplikasi sebelumnya. Langkahnya adalah start--->control panel--->program--->uninstall program. Setelah selesai proses uninstall, silahkan instal kembali Installer PMP 1.4.006 dan lanjutkan install patch 1.4 007. Ketika proses pengerjaan instal aplikasinya selesai, silahkan clear history browsernya, lalu jalankan program PMPnya. Download aplikasi PMP VARIAN 1.4 DAN PATCHNYA
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »